Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

5 Kecelakaan Bus dalam 40 Hari, Ada Apa dengan Transjakarta?

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kecelakaan Bus dalam 40 Hari, Ada Apa dengan Transjakarta?
Image: bus TransJakarta menabrak pos polisi. (Twitter @TMCPoldaMetro)

Jakarta - Bus Transjakarta tengah jadi sorotan publik. Pasalnya, dalam kurun waktu 40 hari terakhir, tercatat ada lima kecelakaan lalu lintas yang telah dialami bus Transjakarta. Kira-kira ada apa dengan Transjakarta?

5 Kecelakaan Bus Transjakarta dalam 40 Hari Terakhir

Berdasarkan catatan Urbanasia, kecelakaan pertama terjadi di ruas jalan MT Haryono (Exit Tol Cawang), Jakarta Timur pada 25 Oktober 2021. Kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi hilang kesadaran yang diduga akibat serangan epilepsi itu jadi kecelakaan terparah sepanjang 40 hari terakhir.

Kecelakaan yang terjadi pada Transjakarta dengan nomor kendaraan B 7477 TK itu mengakibatkan dua orang tewas dan 30 orang lainnya luka-luka dengan tingkat keparahan yang beragam. Satu dari dua korban tewas diketahui sebagai sopir bus tersebut.

Tak lama kemudian, kecelakaan lalu lintas kembali dialami oleh salah satu bus Transjakarta. Bus dengan nomor kendaraan B 7719 TGR mengalami kecelakaan tunggal di Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 29 Oktober 2021.

Bus yang menabrak beton separator sisi kanan jalan itu disebabkan oleh sopir yang diduga mengantuk.

Berselang enam hari kemudian, bus Transjakarta kembali mengalami masalah. Sebuah bus Transjakarta mengeluarkan asap putih dari bagian atas atap di Atrium Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (4/11/2021) pagi.

Berdasarkan keterangan dari pihak PT Transjakarta, kepulan asap itu berasal dari tali vanbelt air conditioner (AC) yang putus. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena penumpang langsung dievakuasi menggunakan bus lainnya.

Satu bulan kemudian, tepatnya 2 Desember 2021, kecelakaan kembali dialami bus Transjakarta. Bus Transjakarta dengan nomor kendaraan B 7069 PGA mengalami kecelakaan tunggal di persimpangan Pusat Grosir Cililitan (PGC), Cililitan, Jakarta Timur dan menabrak pos polisi lalu lintas hingga hancur.

Akibat peristiwa itu, seorang petugas sterilisasi busway mengalami luka ringan. Ia pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kramatjati untuk mendapatkan perawatan.

Terbaru, sebuah bus Transjakarta mengalami kecelakaan tunggal di kawasan Ratu Plaza, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat pada Jumat (3/12/2021) siang.

Berdasarkan informasi yang dibagikan akun Instagram @jktinfo, bus bermerek Scania itu menabrak separator jalan di dekat halte Ratu Plaza dan membuat bagian depan sisi kiri bus mengalami kerusakan. Sejauh ini belum diketahui apa penyebab dan korban yang terluka akibat kecelakaan tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait