beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Kegiatan Buat Bantu Jaga Kesehatan Mental

Priscilla Waworuntu,
10 Agustus 2022 15.37.16 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kegiatan Buat Bantu Jaga Kesehatan Mental
Image: PEXELS/HVETS production

Jakarta - Kesehatan mental harus dijaga layaknya kesehatan fisik. Nah kalau kamu udah merasa bosan, capek, dan jenuh, kamu bisa nih memulai aktivitas yang menyenangkan agar kesehatan mental tetap stabil.

Dengan mengerjakan aktivitas ini, tentunya akan membangkitkan tenaga kamu dan pikiranmu. Dengan pikiran yang positif dan jernih, dijamin deh kesehatan mentalmu pun ikut terjaga. 

Nah berikut adalah beberapa aktivitas hobi yang bisa kamu praktikkan!

1. Olahraga aerobik 

1660119896-Step-Aerobics-Routines-You-Can-Do-At-Home---LoveToKnow-Health-&-Wellness.jpgSumber: Pinterest/LovetoKnow

Secara keseluruhan, olahraga memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu yang mudah dipraktikkan adalah olahraga aerobik, karena hal ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Gerakan dalam senam aerobik bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri alami, meningkatkan suasana hati, dan memberikan rasa bahagia. Tidak hanya itu, aerobik juga bisa meredakan rasa cemas dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak.

2. Membaca buku

1660119958-baca-buku.jpgSumber: Pinterest/Albella Ryzhuk

Ketika kamu lelah dengan pekerjaan yang menumpuk dan membuat pikiranmu stres, membaca buku bisa menjadi pilihan untuk meredakannya. Membaca buku tak hanya bikin daya ingat kamu lebih tajam, tapi juga bisa bikin kamu nyaman loh. Dengan pilihan buku yang ringan, seperti novel, komik atau buku dengan alur cerita sehari-hari, tentu saja bakal ngebuat pikiranmu istirahat sejenak. 

3. Menulis jurnal

1660119996-nulis-jurnal.jpgSumber: Pinterest/traci cahill

Kalau kamu suka menulis, aktivitas menulis jurnal ini cukup bermanfaat loh untuk meredakan stres yang ada di kepalamu. Dengan menulis jurnal, kamu bisa lebih mudah memproses dan menguraikan kerumitan masalah yang ada di benakmu. Selain itu, manfaat lainnya adalah kamu jadi bisa mengeluarkan seluruh unek-unek yang ada di benakmu loh, Urbanreaders. 

4. Memasak 

1660120053-Browned-Butter-Vanilla-Bean-Madeleines---The-Kitchen-McCabe.jpgSumber: Pinterest/The Kitchen McCabe

Jika kamu suka bereksperimen atau mungkin memang suka memasak, aktivitas ini bisa menjadi pilihanmu nih. Memasak ini sangat cocok dilakukan oleh siapa saja termasuk seorang pemula, memasak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kamu tidak perlu kok memasak makanan layaknya chef di restoran ternama, cukup dengan bahan-bahan simpel saja, hal itu bisa membuat pikiranmu terasa lebih ringan. Selain itu, dengan memasak, kamu juga bisa bereksperimen membuat menu-menu makanan yang menyehatkan. 

5. Melakukan hal yang kamu sukai

1660120587-karaoke-ilustrasi.jpgSumber: PEXELS/Andrea Piacquadio

Menurut pakar, orang-orang yang meluangkan waktu untuk menyendiri cenderung lebih bahagia. Mereka melaporkan bisa memiliki kepuasan hidup yang lebih baik, serta memiliki kadar stres yang lebih rendah. Nah buat kamu yang suka menonton film, berkaraoke, menikmati waktu sendiri di cafe, bahkan jalan-jalan sendiri ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi, beberapa hal ini bisa membuat suasana hati dan pikiranmu menjadi lebih baik loh. 

Nah itulah beberapa kegitan yang bisa menstabilkan kesehatan mentalmu. Yuk, jaga kesehatan mental kamu dan selamat mencoba Urbanreaders! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait