Hot News

Jakarta - Banyak orang bilang bahwa cinta saja tak akan bisa membuat pernikahan bertahan. Pendapat ini nggak sepenuhnya salah, sih. Berbagai masalah serius yang muncul dapat menggerus pondasi pernikahan dan tak jarang membuatnya hancur.

Umumnya, masalah yang timbul dalam pernikahan bermuara pada berkurangnya komunikasi, kasih sayang, dan rasa kepedulian pada pasangannya. Banyak orang merasa kesulitan untuk membuka hati dan menceritakan masalahnya, meski pada suami atau istri sendiri.

Selain itu, rasa cinta yang mulai berubah seiring dengan waktu, bakal membuat suami dan istri tak lagi merasa dekat secara emosional.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, suami dan istri mesti menjaga pernikahan mereka dengan terus melakukan hal-hal berikut ini.

Terus Berkomunikasi

1603010040-kunci-pernikahan-langgeng2.jpgSumber: Freepik

Saat salah satu pihak sudah kehilangan minat dan keinginan untuk berkomunikasi, di situlah permasalahan mulai muncul. Perlu disadari, kita nggak punya kemampuan untuk membaca pikiran orang lain, guys.

Apalagi mengetahui isi hati orang lain. Kalau nggak diungkapkan, gimana pasangan bisa mengerti? Membuka hati memang berisiko bikin hati terluka. Namun, menyimpan rahasia akan membuat masalah jadi semakin sulit untuk diurai dan diselesaikan.

Waspadai Masalah yang Terus Terulang

1603010053-kunci-pernikahan-langgeng3.jpgSumber: Freepik

Perdebatan dan konflik adalah hal yang normal terjadi dalam segala jenis hubungan. Namun, kalau kamu dan pasangan terus meributkan hal yang sama berulang-ulang, ini perlu diwaspadai, guys.

Masalah yang terulang bisa jadi karena belum ketemu solusinya, atau memang tidak pernah diselesaikan. Hal ini rawan bikin pasangan merasa tidak dihargai dan didengarkan. Karena itu, kamu dan pasangan mesti memfokuskan diri pada masalah yang kerap terjadi dan menyelesaikannya hingga ke akar-akarnya.


Berbagi Pekerjaan Rumah

1603010077-kunci-pernikahan-langgeng6.jpgSumber: Freepik

Pekerjaan di rumah meski terlihat sepele, nggak akan ada habisnya. Aktivitas yang dilakukan pun sama dan bikin siapapun yang melakukannya bakal cepat merasa jenuh dan bosan.

Karena itu, berbagilah dengan pasangan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring, dan lain-lain.

Meski kalian punya Asisten Rumah Tangga, akan ada waktu di mana ART pulang kampung, sakit, atau ijin untuk tidak bekerja. Selain itu, dengan mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama, beban hidup akan terasa lebih ringan. Kamu dan pasangan akan lebih menghargai peran masing-masing dalam rumah.

Jangan Lupakan Pujian

1603010070-kunci-pernikahan-langgeng5.jpgSumber: Freepik

Pujian dan kata-kata manis pada pasangan seringkali dilupakan dan dianggap tidak penting lagi, karena sudah menikah. Faktanya, sampai kapanpun juga, kita semua selalu senang kok menerima pujian dan penghargaan dari orang lain. Selain memberi semangat pada pasangan, pujian dan kata-kata manis juga akan membuat pasangan merasa lebih percaya diri dan diperlakukan spesial.

Jaga Keintiman

1603010062-kunci-pernikahan-langgeng4.jpgSumber: Freepik

Hubungan intim dengan pasangan menjadi salah satu faktor penting yang dapat menjaga hubungan tetap langgeng. Selain menjaga kedekatan secara fisik, hubungan seksual akan membuat ikatan batin antara kamu dan pasangan tetap kuat. Bercinta dengan rutin dan teratur juga bisa menjauhkan diri dari stres loh, guys.

 


Loading ..