Hot News

Jakarta - Tempat angker punya pesona tersendiri. Meski sering membuat bulu kuduk berdiri, namun tempat angker membuat orang-orang juga penasaran.

Maka nggak heran kalau tempat-tempat angker lumayan ramai dikunjungi. Contohnya adalah Rumah Pengalengan di Bandung yang jadi lokasi syuting Pengabdi Setan.

Rumah tersebut menarik banyak orang untuk berkunjung berkat kesuksesan film Pengabdi Setan. Rumah bergaya klasik di Bandung itu punya kisah seram dibaliknya yang bikin suasana horor dalam film makin menjadi.

Selain Rumah Pengalengan, masih ada loh beberapa tempat angker yang dijadikan inspirasi untuk diangkat jadi film. Apa saja? Ini dia daftarnya!

1. Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut

1596110199-tpu-jeruk-purut.jpgSumber: Instagram @raymon_matt

Tempat yang satu ini nggak perlu ditanya lagi popularitas keseramannya. Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut bisa dibilang merupakan lokasi syuting favoritnya sutradara film horor.

Tak terhitung berapa banyak kisah horor di pemakaman yang sudah ada sejak zaman Belanda ini. Yang paling terkenal tentu saja kisah hantu pastur tanpa kepala yang berkeliling membawa kepalanya. 

Kisah tersebut diangkat ke layar lebar lewat film 'Hantu Jeruk Purut' yang tayang tahun 2006 lalu. 

2. Lawang Sewu

1596110164-lawang-sewu.jpgSumber: ANTARA

Nggak jauh beda sama TPU Jeruk Purut, Lawang Sewu juga tempat yang selalu kita ingat kalau menyebut tempat angker.

Bangunan yang sudah ada sejak tahun 1904 ini pernah digunakan untuk beberapa fungsi, mulai dari gedung pemerintahan sampai tempat penyiksaan.

Maka tak heran bangunan yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, ini punya banyak cerita horor.

Cerita paling terkenal adalah banyaknya bayangan prajurit yang mondar-mandir di koridor bangunan tersebut. Banyak juga yang menyatakan sering mencium bau busuk dari ruang bawah tanah Lawang Sewu.

Lawang Sewu sendiri dijadikan lokasi syuting film 'Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak' yang dibintangi Marcell Darwin pada tahun 2007 silam.

3. Rumah Kentang

1596110192-rumah-kentang-bandung.jpgSumber: Rumah Kentang di Bandung. (Instagram @bandungterkini)

Siapa sih yang nggak pernah dengar cerita Rumah Kentang? Yap, cerita tentang anak kecil yang jatuh ke kuali berisi kentang yang tengah direbus. Anak tersebut pun tewas terebus.

Rumah tempat kejadian itu ada di daerah Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Banyak yang bilang saat lewat dekat rumah tersebut, suka ada bau kentang direbus dan suara anak kecil menangis.

Nah, kisah tersebut diangkat oleh beberapa sutradara ke layar lebar. Misalnya film 'Rumah Kentang' (2012) yang dibintangi Shandy Aulia dan 'Rumah Kentang: The Beginning' (2019) yang dibintangi Luna Maya.

4. Mall Klender

1596110174-mall-klender.jpgSumber: Instagram @ms.petualang

Berbeda dengan mall yang umumnya banyak orang beraktivitas, Mall Klender justru jauh dari kata ramai. Angker adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan mall tersebut.

Bagaimana tidak angker, Mall Klender adalah salah satu saksi bisu peristiwa 1998. Selain dijarah, mall tersebut juga dibakar oleh seseorang. Alhasil orang di dalamnya tewas terbakar karena tidak sempat menyelamatkan diri.

Mayat para korban disebut-sebut masih bergentayangan hingga saat ini. Banyak yang bilang itu terjadi karena korban kebakaran di sana tidak dimakamkan dengan layak.

Banyak yang mengatakan sering mencium bau terbakar kala melintasi mall yang berlokasi di Jakarta Timur ini. Ada pula yang mengatakan pernah melihat gerombolan orang dengan kulit hitam karena terbakar berjalan.

Cerita-cerita mistis di Mall Klender diangkat oleh sutradara David Purnomo ke layar lebar pada tahun 2014 lalu lewat film 'Mall Klender'.

5. Rumah Keluarga Tak Kasat Mata

Lokasi lain yang juga dijadikan inspirasi film adalah Rumah Keluarga Tak Kasat Mata yang berlokasi di Jalan Magelang, Yogyakarta.

Rumah Keluarga Tak Kasat Mata jadi booming usai thread cerita Bonaventura Genta di Kaskus viral di media sosial dan dibagikan banyak akun. 

Penulis thread mengaku selalu merasakan kejadian mistis di rumah tersebut sejak ia menempatinya. Penampakan yang paling diingatnya adalah hantu nenek-nenek yang mengenakan tudung putih (banyak yang bilang hantu nenek mukena) yang berjalan mondar-mandir di koridor rumah.

Karena viral, cerita ini pun diadaptasi jadi novel dan film. Film 'Rumah Keluarga Tak Kasat Mata' digarap sutradara Hedy Suryawan pada 2017 lalu. 


Loading ..