Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Makanan Khas Natal, Cocok Disantap Bareng Keluarga di Rumah

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Makanan Khas Natal, Cocok Disantap Bareng Keluarga di Rumah
Image: Ilustrasi Natal. (Pixabay)

Jakarta - Bicara soal perayaan Natal biasanya tidak jauh dari kado Natal, pohon Natal, atau bahkan makanan khas Natal itu sendiri. Ketika momen Natal tiba, biasanya orang-orang menyiapkan berbagai menu masakan untuk kumpul di rumah bersama keluarga.

Lantas, hidangan seperti apa saja yang biasanya disajikan saat Natal? Penasaran kan? Langsung simak aja yuk! Berikut ini, Urbanasia rangkum 5 makanan khas Natal untuk kumpul keluarga di rumah dari berbagai sumber.

1. Gingerbread

1640260068-gingerbread.jpgGingerbread. (Freepik/rawpixel.com)

Kue sari jahe atau dikenal sebagai Gingerbread merupakan kue khas Natal paling tua di dunia. Bahkan, kue yang satu ini diperkirakan sudah ada sejak 2.400 tahun sebelum masehi. 

Awalnya kue khas Natal tersebut dibuat dari sari jahe, akan tetapi ada perubahan ketika sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. 

Misalnya, di Eropa kue ini disebut sebagai roti rempah. Hal tersebut juga memberikan pengaruh tekstur kue jahe, seperti di Jerman teksturnya keras sedangkan di Inggris teksturnya lembut.

2. Kalkun Panggang

1640260089-kalkun-panggang.jpgKalkun Panggang. (Freepik/timolina)

Bukan hanya Gingerbread, makanan khas Natal yang begitu populer di kawasan benua Eropa dan Amerika, yakni Kalkun Panggang dengan bumbu rempah. 

Olahan makanan tersebut juga dijadikan sebagai makanan utama dalam perayaan Natal, terutama saat makan malam bersama keluarga.

3. Klapertart

1640260167-klapertart.jpegKlapertart. (Dok. Tokowahab)

Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki makanan khas Natal yang merupakan percampuran budaya Indonesia dan Belanda. Bagi orang Manado, mereka biasanya menghidangkan Klapertart saat Natal.

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat, gurih, creamy dengan taburan bubuk kayu. Jika kamu ingin hidangan manis saat Natal, Klapertart bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu buat.

4. Fruitcake

1640260035-fruitcake.jpgFruitcake. (Freepik/azerbaijan_stockers)

Fruitcake merupakan salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan perayaan Natal. Kue satu ini dibuat dengan buah-buahan dan sudah menjadi tradisi ketika abad pertengahan. 

Fruitcakes ini dibuat oleh penikmatnya saat ada perayaan istimewa, misalnya perayaaan Natal. Karena, waktu dahulu buah-buahan kering dan gula menjadi salah satu makanan impor yang harganya mahal. Bahkan, pembuatannya juga cukup sulit menggunakan oven dengan berbahan kayu bakar. 

5. Ayam Rica

1640260144-ayam-rica.jpgAyam Rica. (YouTube/Devina Hermawan)

Selanjutnya, ada makanan khas Natal bagi pecinta pedas, yaitu ayam rica-rica. Makanan tersebut biasanya dihidangkan saat Natal oleh masyarakat Manado. 

Ayam rica-rica ini terbuat dari ayam yang dimasak menggunakan bumbu merah pedas serta irisan cabai. Sementara itu, jika kamu ingin menyantapnya akan lebih nikmat jika ditambah nasi putih yang masih hangat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait