Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi
Image: Ilustrasi hipertensi. (Freepik)

Jakarta - Untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi bisa loh dengan di rumah saja. Cara menurunkan darah tinggi bisa dengan makan-makanan yang ada di rumah.

Penderita hipertensi perlu mencegah tekanan darahnya tinggi karena akan berakibat fatal, seperti stroke atau serangan jantung. 

Apa saja makanan yang baik untuk menurunkan darah tinggi bagi penderita hipertensi? Berikut daftarnya:

1. Wortel

1605615039-18-54-50-carrots-2387394--480.jpgSumber: Ilustrasi wortel. (Pixabay)

Di dalam wortel terdapat kandungan potasium yang besar. Potasium baik untuk menangkal efek dari natrium sehingga membantu penderita hipertensi mengontrol tekanan darahnya.

Wortel juga punya kandungan magnesium, kalium, fosfor, serat, dan vitamin A, B, C, K, dan E yang baik bagi penderita hipertensi. 

2. Sayuran Hijau

1594469080-sayuran-hijau.jpgSumber: Freepik

Sayuran hijau seperti bayam, lobak, atau seledri baik bagi penderita hipertensi. 

Di dalam seikat bayam terdapat senyawa nitrat, kalium, kalsium, dan magnesium. Kebaikan bayam bagi penderita hipertensi dibuktikan dengan penelitian, yang mana 27 penderita hipertensi makan bayam selama 7 hari kadar tekanan darah mereka lebih terkontrol.

Lalu di dalam lobak terkandung banyak potasium, antioksidan, mineral, serat, dan kalsium. Serat di dalam lobak berfungsi mengatur kadar gula di tubuh. Lalu kandungan lainnya bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Pada seledri terdapat kandungan phthalides, yang membantu mengendurkan pembuluh darah pada tubuh dan menurunkan tingkat tekanan darah. 

3. Yoghurt

1609900969-manfaat-yoghurt.jpgSumber: Ilustrasi manfaat yoghurt untuk kesehatan. (Freepik)

Nggak cuma bagus untuk pencernaan saja, yoghurt juga baik loh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebagai salah satu produk susu, yoghurt punya kandungan kalium di dalamnya yang membantu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan merelaksasi otot polos.

Tapi ingat, untuk penderita hipertensi pilihlah yoghurt yang tidak mengandung gula.

4. Dark Chocolate/Coklat Hitam

1590556787-11-41-26-chocolate-183543--480.jpgSumber: Coklat hitam. (Pixabay)

Dark chocolate punya kandungan flavonoid. Senyawa flavonoid ini akan mengaktifkan gen sel untuk memproduksi nitrit oksida. Nitrit oksida akan bekerja melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah ikut menurun.

Kemampuan dark chocolate untuk mengontrol tekanan darah dibuktikan dengan penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition. Di penelitian tersebut, penderita hipertensi yang mengonsumsi coklat hitam selama 18 minggu dapat menurunkan tekanan darah hingga 18 persen.

5. Pisang

1614135748-Ilustrasi-Pisang.jpegSumber: Ilustrasi Pisang. (Pixabay/ Vanessa Loring)

Buah yang satu ini mengandung kalium, yaitu senyawa yang bisa membantu menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh. Bagi penderita hipertensi, kalian bisa memakan buah ini secara langsung atau memakannya bersama yoghurt. 

Tapi ingat, makanan-makanan yang disebutkan tadi tidak akan menurunkan hipertensi dengan cepat. Jadi jangan berharap kalau darah tinggi kambuh lalu makan-makanan di atas maka hipertensinya turun ya.

Akan tetapi makanan yang disebutkan tadi baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Dan perlu diingat juga, ada beberapa pantangan makanan nih bagi penderita hipertensi. 

Orang yang darah tinggi tidak boleh makan-makanan yang asin dan bergula. Lalu mereka juga tidak boleh daging merah, makanan kalengan, makanan dengan lemak jenuh, serta minuman beralkohol.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait