Hot News

Jakarta - Kualitas sperma yang baik sangat diperlukan untuk suksesnya proses pembuahan. Dengan kata lain, saat kamu dan istri ingin mencoba untuk memiliki keturunan, kamu perlu menjaga kualitas sperma yang diproduksi.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sperma adalah asupan makanan. Vitamin dan mineral dalam makanan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sperma, sehingga membantu sperma untuk bergerak dan melakukan pembuahan.

Untuk itu, biar kualitas sperma lebih baik, berikut beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Daging Sapi

1594434216-daging-sapi.jpgSumber: Freepik

Daging sapi banyak mengandung selenium dan seng yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Kurangnya kadar seng dan selenium dalam tubuh, juga akan memengaruhi kemampuan sperma untuk bergerak. Dalam beberapa kasus, sperma akan mati sebelum dapat mencapai indung telur.

Bawang Putih

1594434223-bawang.jpgSumber: Freepik

Selain mengandung selenium, bawang putih juga mengandung alisin yang dapat meningkatkan aliran darah ke organ intim kamu, serta melindungi sperma dari kerusakan. Bawang putih bisa dikonsumsi sebagai bumbu masakan atau dimakan secara utuh sebagai manisan. Tapi, jangan lupa untuk menggosok gigi sesudahnya ya, guys?

Sayur dan Buah-buahan

1594434229-sayur-dan-buah.jpgSumber: Freepik


Sayuran hijau dan buah-buahan seperti anggur dan buah beri, mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma dengan menurunkan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab kerusakan sel. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam sayur dan buah, dapat membantu meningkatkan libido dan mengatur hormon seks.

Cokelat hitam

1594434240-coklat.jpgSumber: Freepik

Cokelat hitam atau dark chocolate juga banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, kandungan asam amino-nya dapat meningkatkan volume sperma hingga dua kali lipat.

Kepiting

1594434247-kepiting.jpgSumber: Freepik

Selain ikan salmon, kepiting juga banyak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan aliran darah ke organ intim.

Di samping mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga perlu menghindari kebiasan buruk yang akan menurunkan kualitas sperma. Misalnya, merokok, mengonsumsi alkohol, menggunakan obat-obatan terlarang, tidak menjaga berat badan yang ideal, memakai celana dalam terlalu ketat, dan bersepeda terlalu lama.

 


Loading ..