Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Manfaat Asuransi Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Anisa Kurniasih,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Asuransi Mobil yang Perlu Kamu Ketahui
Image: Ilustrasi nyetir mobil (Freepik/aleksandarlittlewolf)

Jakarta - Memiliki kendaraan pribadi adalah hal yang penting bagi untuk kelancaran mobilitas setiap orang dan juga kemudahan beraktivitas. Saat mengendarai mobil pribadi, risiko kecelakaan tak bisa kita duga dan terjadi kapanpun.

Jika sudah terjadi, tak hanya rugi secara fisik, pengendara pun akan rugi secara finansial karena bertanggung jawab terhadap kerusakan mobil.

Tak sedikit akhirnya yang memutuskan untuk ikut asuransi kendaraan untuk meringankan biaya saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjanalan. Asuransi sendiri bisa didefinisikan sebagai kesepakatan dari kedua pihak yang mana pihak penanggung akan mengikatkan diri pada pihak tertanggung dengan catatan menerima premi asuransi. 

Kemudian pihak penanggung atau asuransi akan bertanggung jawab terhadap mobil yang diasuransikan dengan cara menanggung biaya perbaikan terhadap mobil yang mengalami kecelakaan. 

Nah jika kamu masih ragu dan belum mengetahui manfaat apa saja yang bisa dirasakan jika menggunakan asuransi. Urbanasia telah merangkum berdasarkan dari berbagai sumber. Berikut di bawah ini manfaat-manfaat lain yang bisa kamu rasakan jika menggunakan asuransi mobil. Di antaranya:

1. Memberi Jaminan Perlindungan Kendaraan

1613460996-mobil-parkir-azerbaijan-stockers.jpgSumber: Ilustrasi mobil parkir (Freepik/azerbaijan-stockers)

Asuransi akan memberikan perlindungan untuk pemilik mobil atas kerugian yang dialami, dari mulai kerugian berupa kerusakan mobil akibat kecelakaan maupun tindak kejahatan pencurian.

Nah, kamu perlu memahami kebutuhan asuransi kendaraan yang dibutuhkan engan memilih jenis asuransi kendaraan yang tepat, agar bisa merasakan manfaat positifnya dikemudian hari.

2. Melindungi dari Resiko Pencurian Kendaraan

1605770612-nyetir-mobil.jpgSumber: Ilustrasi nyetir mobil (Freepik)

Harga beli kendaraan pribadi tidaklah murah, jadi sudah pasti kamu akan sangat menjaga agar kendaraan tetap aman dan tetap menjadi milik kamu. Tetapi musibah bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Meski sudah menjaganya sedemikian rupa, resiko pencurian kendaraan selalu ada. Jadi, yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kendaraan dari resiko pencurian adalah dengan asuransi kendaraan. Jika kendaraan dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

3. Membantu Bertanggung Jawab pada Pihak Ketiga

1601732712-Ilustrasi-beli-mobil-2.jpgSumber: Ilustrasi beli mobil online. (Freepik)

Saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, biasanya kamu akan kesulitan dalam menghadapinya dan membutuhkan uang yang besar untuk memberikan tanggung jawab terhadapnya. 

Nah, kamu akan membutuhkan biaya untuk hukum dan profesional. Bila kamu memiliki asuransi kendaraan bermotor, pihak asuransilah yang akan mengambil alih tanggung jawabmu atau pengendara  jika terjadi kecelakaan itu. Jadi kamu tidak perlu pusing dan membayar mahal untuk bertanggung jawab.

4. Efisiensi Biaya

ilustrasi-rawat-mobil-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi rawat mobil. (Pixabay)

Jika risiko yang dialami memberikan kerugian yang sangat berat, dengan Asuransi maka Urbanreaders hanya membayar premi sesuai dengan polis Asuransi. Dengan kata lain, dengan Asuransi kamu dapat meminimalisir risiko kerugian.

5. Ketenangan Dalam Berkendara

1608014203-waktu-yang-tepat-ganti-mobil-baru.jpgSumber: Ilustrasi membeli mobil baru (Lifepal)

Para pengemudi tidak akan pernah mengetahui skenario lalu lintas yang akan terjadi setiap hari. Jika kamu adalah salah satu pengemudi yang taat berlalu-lintas, tapi bukan berarti pengemudi lainnya taat lalu lintas sepertimu ya guys. Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan sangat sulit untuk diprediksi.

Asuransi ada untuk melindungimu dari skenario itu dan berguna untuk menenangkan anda dari tanggungan  biaya kecelakaan yang begitu besar kamu bisa terbebas dari beban pikiran dan rasa takut yang terus-menerus. 

Dengan adanya asuransi, setidaknya kamu  bisa merasa tenang dalam menjalankan hidup sehari-hari; tidak terus-terusan merasa khawatir atau malah menjadi paranoid. Ketika meninggalkan rumah, tidak ada ketakutan akan terlibat dalam kecelakaan sehingga produktivitas kerjamu dan kenyamanan dalam berkendara tidak akan terpengaruh sama sekali.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait