menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

6 Tips Beli Mobil Bekas biar Nggak Kecewa

Anisa Kurniasih,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Tips Beli Mobil Bekas biar Nggak Kecewa
Image: Macrumors

Jakarta - Membeli mobil bekas jadi alternatif buat kamu yang punya budget minim namun ingin memiliki kendaraan roda empat.

Selain karena harganya yang lebih terjangkau, kualitas mobil bekas juga terkadang tidak beda jauh loh guys dari mobil baru.

Namun, membeli mobil bekas bukan perkara mudah. Sebab, untuk memilih mana yang berkualitas tak semudah membalikan telapak tangan dan harus memperhatikan beberapa hal.

Nah, bagi kamu yang punya keinginan untuk membeli mobil bekas, Yuk simak tips membeli mobil bekas agar tak kecewa. Di antaranya:

1. Buat Daftar Mobil

1584758298-diskusi-keuangan2.jpgSumber: Ilustrasi membuat daftar mobil (Freepik)

Di beberapa negara nih guys, mobil sedan seperti Honda Accord atau Toyota Camry menjadi mobil bekas yang banyak diburu loh. Namun, kedua mobil asal Jepang ini kondisi sekennya memang masih tergolong tinggi.

Maka dari itu, disarankan pilih tiga mobil yang memang telah mewakili kebutuhanmu, termasuk ulasan anggarannya.

2. Cek Kondisi Mesin

1591779714-honda-mobil-dokter.jpegSumber: Servis mobil Honda (ANTARA/HO)

Meski body masih mulus, kondisi dan performa mesin juga harus diperhatikan. Cek suara mesinnya  juga ya guys, apakah ada yang janggal lalu pastikan juga kondisi rem masih berfungsi dengan baik.

Hal lain yang dikhawatirkan dari calon pembeli biasanya adalah mobil yang bekas banjir. Biasanya mobil bekas yang pernah terkena banjir suaranya lebih keras dari mobil normal.

Sebaiknya kamu perlu mengajak orang yang ahli, montir bengkel, atau teman yang memahami mesin untuk mengecek mobil. Apalagi, bengkel-bengkel mobil saat ini juga sudah semakin canggih dengan menggunakan sistem komputerisasi.

3. Test Drive

1594207843-cewek-naik-mobil.jpg Sumber: Ilustrasi mengendarai mobil (Freepik)

Poin ketiga cukup penting, cobalah minta izin dan ajak penjual untuk mencoba mobil tersebut. Cek setir apakah masih normal dengan melakukan lepas stir pada kecepatan rendah untuk mengecek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak, dan lakukanlah berbagai manuver.

4. Periksa Aksesoris dan Interior

ilustrasi-rawat-mobil-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi rawat mobil (Pixabay)

Saat melakukan pemeriksaan kondisi mobil, pertama periksa bagian interiornya juga ya. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsi nya seperti AC, sistem audio, dan switch lampu. Kamu harus pastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, teliti kondisi interior mobil. Coba deh duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan pula bau interior, apakah interior berbau apek? Jika iya, ini bisa jadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah kena banjir.

5.  Cek Dokumen

ilustrasi-stnk.jpgSumber: Ilustrasi STNK. (Istimewa)

Nah, setelah memeriksa kondisi mobil dan Anda merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin kamu beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. Anda wajib memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.

6. Tawar Harga

1596961477-perencanaan-keuangan5.jpgSumber: Freepik

Sebelum menawar, ada baiknya lebih dahulu mencari tahu harga pasarannya guys. Harga sebuah mobil bekas pada umumnya memiliki rentang pasaran tergantung dari kondisi dan tahun produksi. Kemudian buatlah tawaran awal senilai Rp 5 juta dari harga pasaran, bila perlu ajaklah orang lain untuk membantu, misalnya pasangan atau teman.

Membeli mobil bekas secara online, melalui showroom maupun perorangan, bila tidak cermat tentu berisiko membuat kecewa di kemudian hari. So, hati-hati ya guys.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait