Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Halus Mulus

Itha Prabandhani,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Halus Mulus
Image: Ilustrasi jeruk nipis dan garam (Pixabay/Monfocus)

Jakarta - Mungkin selama ini kamu hanya mengenal jeruk nipis sebagai bahan pembuat minuman maupun obat tradisional untuk meredakan batuk. Namun, tahukah kamu bahwa jeruk nipis juga memiliki sederet manfaat buat kecantikan kulit?

Jeruk nipis kaya dengan kandungan vitamin dan mineral seperti folat, karbohidrat, zat besi, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, serta antioksidan. Kandungan-kandungan ini rupanya memiliki beragam khasiat buat kulit wajah kamu, loh.

Meski bentuknya kecil nan mungil, jeruk nipis sangat berguna buat menjaga kecantikan kulit. Berikut sederet manfaat jeruk nipis yang dilansir Urbanasia dari Live Strong.

1. Melawan Tanda Penuaan

1613438104-tanda-penuaan---freepik-katemangostar.jpgSumber: Ilustrasi tanda penuaan. (Freepik/katemangostar)

Tanda-tanda penuaan dapat muncul akibat paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik, maupun skincare yang kurang cocok. Tanda-tanda penuaan yang muncul antara lain bisa berupa kerutan atau garis halus, flek hitam, dan juga hiperpigmentasi.  

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut. Kamu bisa mengonsumsi air jeruk nipis maupun menggunakan skincare berbahan alami jeruk nipis.

2. Mengatasi Jerawat

1625201612-rekomendasi-produk-atasi-jerawat---freepik.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat (Freepik)

Jerawat dapat terjadi akibat penumpukan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang tersumbat di dalam pori-pori. Jika terkontaminasi bakteri, kotoran ini akan memicu peradangan yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Menurut sebuah studi, jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antibiotik alami. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis, bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Caranya pun cukup mudah. Ambillah beberapa tetes air jeruk nipis lalu usapkan ke wajah dengan kapas. Gunakan sebagai toner untuk mengangkat kotoran dari pori-pori wajah.

3. Menjaga Keremajaan Kulit

1625105647-vitamin-kulit-sehat---freepik-lookstudio-(1).jpgSumber: Vitamin untuk kulit sehat. (Freepik/Look Studio)

Kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan di dalam jeruk nipis, akan merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Kulit kamu pun akan tampak lebih kenyal, sehat, dan awet muda.

4. Eksfoliasi Alami

1622169280-cara-atasi-komedo---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi eksfoliasi. (Freepik/wayhomestudio)

Regenerasi sel-sel kulit yang ditandai dengan pengelupasan sel kulit mati dan digantikan dengan sel-sel kulit baru, adalah salah satu kunci dalam menjaga kulit halus dan mulus. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit wajah kamu kembali sehat dan segar.

5. Mencerahkan Kulit

1599793305-mencerahkan.jpgSumber: Freepik

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat bintik hitam atau noda bekas jerawat. Untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis, oleskan air jeruk nipis ke seluruh wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama 30 menit. Lakukan secara rutin seminggu dua kali untuk wajah lebih cerah dan halus.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait