Hot News

Jakarta - Ancaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Sidang Kabinet Paripurna 18 Juni 2020 lalu, kini menjadi sorotan publik. Banyak nama-nama yang diduga akan tergantikan, tapi tak sedikit juga yang diprediksi akan bertahan.

Pengamat Politik Hendri Satrio menilai, keluhan dan kekecewaan yang diungkapkan Presiden Jokowi terhadap kinerja para menteri ini ditujukan kepada beberapa kementerian. Mulai dari ekonomi, hukum, hingga sosial humaniora.

"Kalau menurut saya ekonomi pastinya itu, terus yang ada kaitannya dengan ekonomi lah. Masalah humaniora, sosial, agama, dan hukum itu juga saya rasa mungkin perlu diperhitungkan," kata Hendri saat dihubungi Urbanasia, Senin (29/6/2020).

Hal ini bukan tanpa alasan, guys. Menurutnya kinerja beberapa kementerian itu selama lima bulan terakhir memang tak menunjukkan adanya kemajuan.

"Kenapa (Jokowi) kesel? Seperti yang sudah sering saya bilang bahwa Pak Jokowi ini kan peduli sama hasil pembangunan yang tangible ya, yang bisa dilihat dan dirasa. Nah, selama COVID-19 ini, otomatis lima bulan belakangan gak ada hal-hal yang bisa dia banggakan," katanya.

Mulai dari Kartu Prakerja yang mendapat sorotan KPK karena ditemukannya sejumlah permasalahan dari pendaftaran hingga pelaksanaan, sistem penerimaan murid baru yang mendapat protes dari orang tua siswa, sektor pariwisata yang merosot, perekonomian yang harus digenjot, hingga banyaknya tenaga kesehatan yang menjadi korban COVID-19 dan meninggal dunia.

"Jadi memang otomatis tidak ada yang bisa dibanggakan, maka muncullah kekesalan-kekesalan itu," imbuhnya.

Namun menurutnya, wacana reshuffle ini tak berlaku untuk beberapa menteri. Hendri menilai akan ada beberapa nama yang tetap bertahan di Kabinet Indonesia Maju.

"Kalau yang bertahan paling Prabowo, Erick Tohir, Basuki, Bambang, dan Retno," katanya.

Saat ditanya mengapa menyebutkan lima nama ini, Hendri mengatakan bahwa kelima nama ini adalah salah satu menteri andalan Jokowi yang kinerjanya 'tak biasa-biasa aja' selama masa pandemi ini.

"Menteri BUMN Erick Thohir dia melakukan banyak hal yang bagus untuk memperbaiki BUMN, termasuk sumbangsih pada penanggulangan COVID-19. Kalau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono itu kan emang andalannya Pak Jokowi untuk mewujudkan monumen-monumen infrastrukturnya pak Jokowi, jadi dia gak mungkin diganggu tuh," jelasnya.

Sementara itu, nama Menristek Bambang Brodjonegoro juga ikut masuk karena berada dalam jajaran menteri paling loyal pada Presiden Jokowi.

"Sementara yang lain-lain kan memang menteri bawaan, seperti Menteri Luar Negeri, Bu Retno Marsudi kan melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai menyeri luar negeri ya. Kemudian, Menteri Pertahanan, Pak Prabowo Subianto sebetulnya kan sahabatnya Pak Jokowi. Dan selama jadi Menhan beliau melakukan terobosan-terobosan dan pembenahan yang bagus memang," imbuhnya.

Nah, Urbanreaders nama-nama inilah yang diprediksi Hendri akan dipertahankan oleh Presiden Jokowi. Menurutnya, kelima menteri ini adalah menteri-menteri andalan Jokowi guys.

Kalau menurut Urbanreaders siapa aja nih menteri-menteri yang akan bertahan dan bebas dari ancaman reshuffle?


Loading ..