beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

5 Penyebab Suara Motor Matic Tak Halus Lagi

Hanisa Sutoyo,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Suara Motor Matic Tak Halus Lagi
Image: Berkendara motor di jalanan (Freepik/Anake)

Jakarta – Ketika menghidupkan motor matic, kamu akan mendengar suara yang keluar dari mesinnya. Suara ini bisa terdengar halus ataupun kasar, tergantung pada kondisi motor kamu.

Jika performanya sedang tidak baik, terlebih umurnya yang terbilang tidak lagi baru, bisa menyebabkan suara yang dihasilkan tidak halus lagi.

Melansir Suzuki Indonesia, terdapat pengaruh lain yang bisa menyebabkan suara mesin motor kamu terdengar kasar. Mau tahu apa saja? Yuk, simak daftar berikut!

1. Gas yang Berlebihan

Apapun yang berlebihan pastinya tidak baik ya, Urbanreaders, termasuk ketika kamu menarik gas pada sepeda motor. 

Penarikan gas yang berlebihan dapat berppengaruh pada performa motor kamu, dan bisa berakibat fatal. Pasalnya, masalah yang nanti ditimbulkan tidak hanya pada suara motor, melainkan pada bagian mesin lainnya. Jadi, hindari ya! 

2. Plastik Slider Menutup Roller

Tidak hanya roller bermasalah, mesin motor matic juga terdengar kasar karena roller tertutup oleh plastik slider.

Apabila keadaan ini dibiarkan, maka bunyi mesin semakin lama akan lebih keras. Motor pun juga akan bergetar dan gerakannya menimbulkan tutup roller tidak stabil.

3. Roller Tidak Sempurna

Motor matic yang sering digunakan bisa berpengaruh pada bentuk rollernya. Jika komponen ini sudah berubah bentuk, bisa menyebabkan suara yang dihasilkan motor matic kamu terdengar kasar. 

Roller umumnya berbentuk bulat. Apabila roller rusak dan bentuknya tidak lagi seperti semula, performa mesin menjadi berkurang, dan hal ini juga bisa menimbulkan masalah lain pada motor kamu. 

4. Gearbox Aus

Komponen yang satu ini jika sudah tidak sempurna juga bisa mempengaruhi kondisi mesin motor kamu. 

Suara kasar bisa timbul karena gearbox motor matic telah aus. Gearbox yang aus menimbulkan celah sehingga menghasilkan suara yang sangat tidak nyaman didengarkan

5. Grease Kering

Grease kerap disebut gemuk oleh sejumlah pengendara. Komponen ini merupakan pelumas pada bagian CVT. 

Nah, suara kasar pada mesin motor juga bisa muncul apabila grease sudah mulai kering. Kondisi ini bisa diakibatkan karena mesin motor yang terlalu panas sehingga menimbulkan bunyi. Jika sudah terjadi, kamu bisa langsung mengeceknya ke bengkel terdekat ya, Urbanreaders.

Itulah lima hal yang bisa menyebabkan suara motor matic kamu terdengar kasar. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan rutin pada kendaraanmu ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait