beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Kena Tilang atau Nggak?

Nivita Saldyni,
15 Juni 2022 16.31.09 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Kena Tilang atau Nggak?
Image: Ilustrasi pengendara motor. (Tribratanews Polri)

Jakarta - Belum lama ini imbauan Polri soal larangan penggunaan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor jadi perbincangan hangat publik. Bahkan kata 'sandal' sempat jadi trending topik di Twitter pada Selasa (14/6/2022).

Isu tersebut awalnya muncul dari postingan akun Twitter @AREAJULID yang membagikan tangkapan layar akun Instagram @info_jombang yang memposting informasi dengan judul ‘Tok! Mulai Hari Ini, Polisi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit’.

Sontak postingan itu menarik perhatian publik. Bahkan tak sedikit yang mempertanyakan soal aturan tersebut.

“Ini kalo pake sendal jepit kena tilang?” tanya salah seorang netizen membalas cuitan tersebut.

“Aneh, prik bgt aturannya,” komentar lainnya.

“Emang efeknya kalo pake sendal jepit apa? Maksudnya apakah mengganggu hak pengguna jalan lain? Yakali mau kepasar harus pake sepatu, hmm awas aja kalo gara2 sendal trs gw kena tilang, gw lemparin sendalnya ke muka yg nilang,” respons netizen lain.

Lantas bagaimana aturan sebenarnya? Apakah benar Polri melarang pengendara motor menggunakan sandal jepit? Yuk simak penjelasan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi berikut ini!

Naik Motor Pakai Sandal Jepit Tak Akan Ditilang, Hanya Diberi Edukasi

Dalam keterangan resminya, Firman menegaskan bahwa ihwal larangan penggunaan sandal jepit oleh pengendara motor itu sifatnya hanya imbauan. Jadi kalau ada pengendara motor yang menggunakan sandal jepit saat berkendara tak akan kena tilang, Urbanreaders.

“Tidak ada sanksi tilang, saya sudah sampaikan untuk Ops Patuh tahun ini kami sudah dibantu dengan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement),” ungkap Firman, Rabu (15/6/2022).

Nah jika ada petugas yang menemukan hal tersebut di lapangan, Firman menyebut anggotanya bakal memberikan imbauan dan edukasi.

“Ini mungkin tidak gampang, masa-masa dulu ketika dipaksa pakai helm juga yang panas ada tapi ketika masyarakat menyadari,‘kepala saya ini penting’,” sambung dia.

Alasan Polri Keluarkan Imbauan Tak Pakai Sandal Jepit saat Kendarai Sepeda Motor

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait