menu
user
URstyle

5 Perawatan Kecantikan Alami yang Simpel Tapi Efektif

Itha Prabandhani,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Perawatan Kecantikan Alami yang Simpel Tapi Efektif
Image: Freepik

Jakarta - Perawatan kecantikan dari masa ke masa memang selalu berubah. Namun, ada beberapa jenis perawatan yang terus abadi dan secara turun temurun dipercaya sebagai cara perawatan yang efektif.

Perawatan yang alami tak kalah diminati dibandingkan perawatan dengan berbagai teknologi canggih dan terbaru. Bahkan, banyak jenis perawatan alami di rumah yang bisa dilakukan sendiri, terus didengungkan, terlebih di masa pandemi ini.

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah seperti buah-buahan, sayur-sayuran, rempah-rempah, dan makanan, sebagai bahan dasar untuk merawat kecantikanmu.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa jenis perawatan alami yang sejak dulu dipercaya memiliki manfaat baik buat kecantikan. Yuk, cobain, guys!

Mentimun untuk Mata Panda

1608689057-mentimun.jpgSumber: Freepik

Trik lama yang satu ini pasti pernah kamu dengar kan, guys? Ya, mentimun yang biasa kamu nikmati sebagai bahan lalapan maupun salad, ternyata juga ampuh menghilangkan mata kuyu akibat kurang tidur atau kecapekan.

Caranya cukup mudah. Taruh mentimun di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Saat mentimun sudah dingin, iris tipis-tipis dan letakkan irisan mentimun di atas mata sambil kamu berbaring.

Biarkan selama 15 menit, lalu cuci wajahmu hingga bersih. Mentimun yang kaya dengan kandungan air, juga bisa memberikan efek menenangkan untuk kulit yang mengalami iritasi dan peradangan, loh.


Gula untuk Eksfoliasi

1608689086-gula.jpgSumber: Freepik

Proses eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati, perlu dilakukan secara berkala. Dengan bahan alami seperti gula pasir, kamu bisa memanfaatkan teksturnya yang berupa butiran lembut untuk menjadi bahan alami scrub di bagian tubuh yang kering maupun pecah-pecah.

Gunakan campuran gula pasir dan madu atau minyak zaitun untuk menghaluskan tumit, lutut, siku, maupun bibir yang bermasalah. Caranya, cukup gosokkan campuran gula dan madu atau minyak zaitun ke area yang dikehendaki selama kurang lebih 5 menit. Lalu, bersihkan.

Lidah Buaya untuk Luka Kecil

1608689050-lidah-buaya.jpgSumber: Freepik

Saat kamu lagi nggak punya obat luka, kamu bisa memanfaat kan gel lidah buaya untuk menghentikan pendarahan pada luka kecil. Ambil gel lidah buaya secukupnya dan aplikasikan pada area yang terluka.

Sebelumnya, tentu saja kamu harus mencuci area tersebut dengan sabun dan air mengalir. Gel lidah buaya tidak hanya memiliki efek menenangkan, tapi juga mengandung antibakteri dan antiperadangan.


Garam untuk Kaki Gatal dan Berbau

1608689043-garam.jpgSumber: Freepik

Kaki yang mengeluarkan bau tak sedap karena lembap, bakal membuat kamu merasa kurang nyaman. Cara mengatasinya gampang banget, kok. Kamu cukup sediakan garam dapur sekira satu sendok makan.

Lalu campurkan ke dalam 1 ember kecil air hangat. Rendam kakimu dalam campuran air hangat dan garam ini selama kurang lebih 15 menit. Lalu, keringkan dengan handuk dan oleskan lotion. Garam memiliki kandungan antibakteri yang akan menghilangkan jamur penyebab gatal dan bau kaki tak sedap.

Cuka Apel untuk Mengatasi Ketombe

1608689035-cuka-apel.jpgSumber: Freepik

Cuka apel biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap untuk memasak. Namun, kali ini kamu juga bisa menggunakannya untuk melawan ketombe membandel di kulit kepala, guys. Caranya, campurkan satu gayung air dengan dua sendok makan cuka apel.

Keramas seperti biasa dengan shampo dan conditioner, lalu bilas. Nah, pada bilasan terakhir, gunakan campuran air dan cuka apel untuk membasahi seluruh rambut dan kulit kepala, lalu pijat-pijat sebentar. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas kembali dengan air.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait