beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Poin Materi Pranikah yang Perlu Diketahui Brides to Be

Izzah Putri Jurianto,
19 November 2022 17.01.25 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Poin Materi Pranikah yang Perlu Diketahui Brides to Be
Image: Ilustrasi pernikahan (Pexels/emmabauso)

Jakarta – Sebelum menikah, kesiapan dari masing-masing pasangan perlu dipertanyakan, baik dari pihak laki-laki maupun perempuan. Hal ini dilakukan agar calon pengantin lebih bertanggung jawab saat berumah tangga nantinya. 

Pembekalan pernikahan pun menjadi hal yang penting bagi pasangan calon pengantin. Materi pranikah bahkan diwajibkan oleh pemerintah pada tahun 2020 demi mengurangi pertumbuhan angka perceraian, anak stunting dan tingkat kemiskinan.

Materi yang diajarkan untuk masa pranikah meliputi komitmen, penyelesaian konflik, parenting, finansial hingga perencanaan keluarga. Nah, berikut adalah pengetahuan yang perlu dimiliki oleh calon pasangan suami istri sebelum memutuskan menikah.

1. Cara Pasangan Memaknai Pernikahan

1667964857-Ilustrasi-Pasangan.jpegSumber: Ilustrasi pasangan (pexels/jasminecarter)

Pernikahan bukan hanya sekedar soal hidup dan mati bersama. Ikatan ini merupakan hal yang sakral dan penuh dengan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana calon pasutri memandang pernikahan.

Mulai dari tujuan yang ingin dicapai bersama serta jalan yang akan ditempuh, harus dipertimbangkan matang-matang sebelum menikah. Tak hanya itu, masing-masing pasangan juga perlu menyadari komitmen ini akan berlaku seumur hidup, yang artinya kesiapan mereka akan dipertanyakan.

2. Problem Solving

1619595446-ANURAG1112.jpgSumber: Ilustrasi kondangan ke pernikahan (ANURAG1112/Pixabay)

Bukan pernikahan namanya jika tak ada pertengkaran. Bahkan pasangan yang belum menikah pun pasti akan ada saja hal-hal yang diributkan. Nggak heran sebenarnya, karena menikah artinya berusaha menyatukan dua manusia yang punya karakternya masing-masing.

Kompromi adalah aspek terpenting untuk kesuksesan pernikahan. Tantangan yang kerap datang tak seharusnya dilihat sebagai hambatan semata, tapi juga ujian bagi pasangan untuk menyelesaikannya. Cara pihak pria dan wanita dalam mengatasi konflik juga perlu dilihat, apakah ada sesuatu yang saling bertentangan satu sama lain atau tidak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait