Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Rekomendasi Film Horor Bertema Pesugihan, Berani Nonton?

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Rekomendasi Film Horor Bertema Pesugihan, Berani Nonton?
Image: Ilustrasi ilmu santet. (Pinterest/powerful love spells)

Jakarta - Pesugihan bukan hal asing lagi di masyarakat Indonesia. Bahkan praktik ilmu hitam yang biasanya dilakukan untuk kaya raya lewat jalan pintas ini kembali ramai dibicarakan usai seorang bocah di Gowa, Sulawesi Selatan jadi korban praktik pesugihan oleh kedua orang tuanya.

Nah ternyata praktik pesugihan ini tak hanya ada di Indonesia. Di luar negeri, tradisi mistis yang dilakukan dengan meminta ‘bantuan’ dari makhluk tak kasat mata ini juga seringkali jadi sorotan. Bahkan tak sedikit loh film bertema praktik pesugihan yang bisa kamu tonton.

Berikut lima film bertema praktik pesugihan yang Urbanasia rekomendasikan untuk kamu:

1. Gunung Kawi

1631187965-Gunung-Kawi.jpegSumber: Poster Film Gunung Kawi. (IMDb)

Gunung Kawi yang berada di Jawa Timur ini terkenal dengan aura mistisnya. Bahkan kabarnya, banyak yang datang ke sana khusus untuk melakukan praktik pesugihan.

Hal inilah yang kemudian membuat sutradara Nayato Fio Nuala menyorot kisah mistis tersebut ke dalam film berjudul sama dengan nama gunung aslinya. Menariknya cerita dalam film ini dibungkus dalam genre horor-komedi, guys.

Film yang dirilis pada 2017 ini dibintangi oleh salah satu aktor senior Indonesia, Roy Marten. Ia berperan sebagai Pak Drajat yang punya perilaku aneh seperti orang stres.

Keanehan tingkah laku Pak Drajat itu disadari oleh anaknya, Ryan (Rayn Wijaya) dan keponakannya, Bella (Lawra Incha). Hal itu membuat keduanya mulai mencari tahu penyebabnya.

Ternyata setelah diselidki, kebangkrutan pabrik rokok miliknya diduga jadi salah satu penyebab keanehan tingkah laku Pak Drajat. Namun tak hanya itu, kejanggalan-kejanggalan mulai bermunculan. Ryan menemukan foto ayahnya dengan seorang kakek di kawasan Gunung Kawi. Hal itu membuatnya curiga bahwa sang ayah telah melakukan ritual pesugihan di masa lalunya.

Akhirnya untuk mencari jawaban, Ryan pun memutuskan untuk pergi ke Gunung Kawi bersama teman-temannya, Adit, Yofa, Jordi, Jono, dan Rebecca. Dari situlah perjalanan dengan misi untuk menyembuhkan Pak Drajat pun dimulai.

2. Jailangkung

1631187995-Jailangkung.jpegSumber: Poster Film Jailangkung. (IMDb)

Rilis di tahun yang sama, 'Jailangkung' merupakan film Indonesia yang juga bertema praktik pesugihan. Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo dan Rizal Mantovani ini menceritakan tentang perjalanan tiga bersaudara, Bella (Amanda Rawles), Angel (Hanna Al Rashid), dan Tasya (Gabriella Quinlyn) untuk mengungkap misteri yang dialami sang ayah, Ferdi (Lukman Sardi).

Ferdi yang merupakan pengusaha tambang itu sudah seminggu tak sadarkan diri di sebuah vila di Pulau Alaskramat yang terletak di Jawa Timur.

Secara medis, Ferdi sebenarnya sehat-sehat saja, namun tak ada yang bisa menjelaskan mengapa dirinya tak kunjung sadarkan diri. Hal itu kemudian membuat Bella mengajak dua saudaranya untuk mencari jawaban atas kondisi ayah mereka. Ketiganya kemudian pergi ke Alaskramat bersama Rama (Jefri Nichol).

Sesampainya di Alaskramat, terungkap bahwa sang ayah berkomunikasi dengan ibu mereka, Sarah (Wulan Guritno) yang sudah meninggal dengan menggunakan jailangkung. Namun usai beberapa kali berkomunikasi, Ferdi kemudian ketempelan makhluk gaib bernama Mantianak.

Untuk menyembuhkan Ferdi, mereka pun harus memainkan jailangkung. Dari sanalah, perjalanan menyelamatkan Ferdi pun dimulai.

3. Siccîn

1631187990-Siccin.jpegSumber: Poster Film Siccîn. (IMDb)

Film rekomendasi selanjutnya adalah 'Siccîn'. Film horor yang disutradarai oleh Alper Mestci ini jadi salah satu film horor terlaris dari Turki loh.

Film yang dirilis pada 2014 ini menceritakan obsesi Aznur (Ebru Kaymakci) terhadap sepupunya, Kudret (Koray Sahinbas). Aznur sebenarnya sudah diperingatkan oleh jin bahwa sepupunya itu akan menjadi penyebab kematiannya kelak. Namun karena obsesi yang sudah terlalu parah, Aznur pun mengacuhkan peringatan itu.

Dua belas tahun berselang, Kudret telah memiliki istri bernama Nisa (Pinar Caglar Genctürk). Keduanya dikaruniai seorang anak yang diberinama Ceyda (Merve Ates).

Namun ternyata hal itu tak menyurutkan obsesi Aznur terhadap Kudret. Sampai ahirnya suatu hari, Kudret dengan tegas menolak Aznur karena ia merasa hubungannya dengan sepupunya itu salah.

Sakit hati dengan penolakan Kudret, Aznur pun menemui dukun Insan (Aydan Cakir). Kepada dukun tersebut, Aznur meminta agar mengirimkan santet dan membunuh istri Kudret. Namun ternyata tanpa diketahuinya, langkah tersebut menjadi titik mula kejadian buruk yang diperingatkan oleh jin jauh sebelumnya.

4. Hereditary

1631187983-Hereditary.jpegSumber: Poster Film Hereditary. (Dok. a24)

Film selanjutnya yang tak kalah menarik untuk ditonton adalah 'Hereditary'. Dirilis pada 2018, film dengan rating 89 persen di Rotten Tomatoes ini menceritakan tentang terkuaknya kisah horor keluarga Annie (Toni Collette).

Annie dan suaminya Steven (Gabriel Byrne) mulai mengalami teror dari makluk halus setelah kepergian ibunya. Teror tersebut bahkan juga menyasar kedua anak mereka, Peter (Alex Wolff) dan Charlie (Milly Shapiro).

Untuk menemukan jawaban di balik teror mistis setelah kematian ibunya itu, Annie berinisiatif untuk melakukan ritual pemanggilan arwah. Dalam perjalanannya mencari jawaban itulah, ia mengetahui bahwa teror tersebut masih berhubungan dengan warisan masa lalu keluarganya.

5. Ready or Not

1631187978-Ready-or-Not.jpegSumber: Poster Film Ready or Not. (IMDb)

Film terakhir yang Urbanasia rekomendasikan untuk kamu adalah 'Ready or Not'. Film karya sutradara Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett yang dirilis pada 2019 ini patut ditonton karena dikemas dengan cara yang menarik, yaitu adanya permainan klasik yang berubah menjadi teror dan mimpi buruk.

Film ini menceritakan kisah Grace (Samara Weaving) setalah berhasil menikahi pujaan hatinya, Alex (Mark O'Brien) yang merupakan anak bungsu dari keluarga kaya raya pengusaha permainan, Le Domas.

Namun ketegangan dimulai saat Grace mengetahui bahwa sang suami ternyata punya perjanjian dengan iblis bernama Le Bail. Perjanjian itu ternyata dilakukan untuk mendukung kesuksesan bisnis keluarga Le Domas.

Hal itu berkaitan dengan tradisi penyambutan anggota baru keluarga tersebut. Ritual itu dimulai usai pesta pernikahan keduanya berakhir. Awalnya, Grace tak curiga untuk bergabung. Namun saat ritual berjalan, Grace baru menyadari bahwa dirinya akan menjadi tumbal.

Itu dia guys lima rekomendasi film bertema praktik pesugihan yang Urbanasia rekomendasikan untuk kamu. Mana film yang paling menarik perhatianmu?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait