beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

5 Rekomendasi Kerja Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa

Elya Berliana Prastiti,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Rekomendasi Kerja Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa
Image: Ilustrasi - Pekerjaan part time untuk mahasiswa. (Freepik)

Jakarta - Kuliah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang mahasiswa. Mereka menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas kuliah atau kegiatan kampus lainnya. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang justru meluangkan waktunya untuk bekerja.

Beberapa dari mereka mungkin melakukan kerja part time karena ingin mengisi waktu luang, mendapat uang saku tambahan, atau bahkan untuk membantu meringankan beban orangtua terkait biaya kuliah.

Selama bisa membagi waktu dengan baik, kamu dapat bekerja di waktu senggang kuliahmu. Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa adalah part time atau paruh waktu. Pekerjaan tersebut cocok karena memiliki jam kerja yang sedikit dibanding pekerja full time.

Nah, berikut adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa di waktu senggang kuliahnya. Yuk, simak!

1. Barista

Saat ini, kedai kopi banyak dibuka di berbagai tempat. Biasanya mereka juga membuka kesempatan lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang ingin part time sebagai barista.

Bekerja sebagai barista cocok untuk kamu penikmat kopi yang inginbelajar tentang kopi. Selain itu, jam kerjamu juga bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah agar tidak bentrok.

Lowongan sebagai barista bisa dicari melalui media sosial. Bahkan kamu juga bisa mendatangi secara langsung jika kedai kopi tersebut berada di sekitarmu.

2. Penulis

Buat kamu yang suka menulis, pekerjaan paruh waktu menjadi penulis lepas sangat cocok untukmu. Banyak lowongan pekerjaan untuk menjadi penulis lepas di media sosial dan website.

Pekerjaan ini bisa dibilang fleksibel karena bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun pada waktu senggang. Kesempatan untuk part time menjadi penulis lepas juga bisa kamu manfaatkan dengan baik.

3. Fotografer

Memiliki hobi di dunia fotografi dan suka keliling mencari objek-objek baru, tampaknya kerja part time sebagai fotografer ini cocok untukmu.

Saat ini jasa seorang fotografer telah dilirik banyak orang. Foto sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mengabadikan memen-momen tertentu yang akan diunggah ke media sosial. Kamu bisa mengubah yang tadinya hanya sekadar hobi menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan uang.

4. Tutor atau Guru Les

Kalau kamu memiliki keahlian pada bidang tertentu dan ingin berbagi ilmu dengan anak-anak, tidak ada salahnya mencoba kerja part time sebagai guru les. Kamu bisa mengajar mereka sesuai dengan kemampuanmu.

Selain mengajar mata pelajaran umum di sekolah, kamu juga bisa menjadi guru les di bidang lain yang dikuasai seperti, musik, menari, bahasa asing, dan lainnya.

5. Desain Grafis

Kamu orang yang kreatif dan memiliki kemampuan desain yang bagus? Kerja part time menjadi seorang desain grafis sangat pas untukmu. Apalagi kalau berkuliah di jurusan desain grafis, pastinya kamu sudah paham tentang dunia desain.

Sebagai permulaan, kamu bisa membuka jasa desain untuk logo, CV, kartu nama, undangan, website, dan lainnya pada orang-orang terdekatmu. Kamu

juga bisa mempromosikan jasamu di akun media sosial dan melampirkan portofolio agar meyakinkan mereka untuk menggunakan jasamu.

Nah itu dia 5 rekomendasi pekerjaan part time yang bisa kamu coba. Dari deretan pekerjaan part time di atas, mana yang ingin kamu coba dan paling diminati?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait