menu
user
URstyle

5 Rekomendasi Museum Seni di Indonesia

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Rekomendasi Museum Seni di Indonesia
Image: Artjog 2020. (Instagram @artjog.id)

Jakarta - Urbanreaders tahu nggak sih kalau Indonesia punya beragam museum seni yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya bakal kita bahas bersama di URplace kali ini, Selasa (6/4/2021).

Nah, Urbanasia punya lima rekomendasi museum seni yang menarik untuk dikunjungi. Kira-kira apa aja ya? Berikut daftarnya!

1. Museum Batik Danar Hadi

1617697453-museum-batik-danar-hadi.JPGHouse of Danar Hadi. (Instagram @danarhadi_id)

Siapa sih yang tak kenal merek batik ternama dari Indonesia, Danar Hadi? Merek batik satu ini ternyata punya museum yang berada di Kota Solo loh.

House of Danar Hadi sendiri menempati bekas kediaman Pangeran Haryo Wuryoningrat, menantu Pakubuwono X, guys. Tepatnya berada di Jalan Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Gak heran ya kalau tata letak ruangannya kental dengan adat dan kebiasaan Jawa, meski bangunannya tampak bergaya Eropa.

Nah museum yang resmi dibuka untuk umum pada 2008 ini menyimpan beragam koleksi batik, bahkan mencapai 10 ribu helai loh. Hal ini membuat Museum Batik Danar Hadi diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak.

Menariknya lagi, koleksi batik di sini berasal dari periode dan pengaruh budaya serta lingkungan yang berbeda-beda. Ada batik Belanda yang dipengaruhi oleh budaya Eropa dan dibuat oleh orang-orang Belanda yang menetap di Indonesia pada zaman kolonial, batik Djawa Hokokai, batik Cina, batik Sudagaran, dan masih banyak lagi. Puas melihat koleksi batik, kamu bisa langsung mengunjungi kompleks pabrik batik tulis dan cap yang ada di belakang museum. Seru, kan?

Mau tahu lebih banyak soal Museum Batik Danar Hadi? Kepoin aja Instagram resmi mereka di @danarhadi_id atau website mereka di sini.

2. Art:1 New Museum

1617697528-Art1-new-museum.JPGArt:1 New Museum. (Instagram @art1newmuseum)

Lokasi selanjutnya adalah Art:1 New Museum di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3. Museum yang awalnya bernama Mon Décor Gallery ini telah berdiri sejak 1983 dan punya beberapa cabang di Jakarta loh.

Museum yang berada di gedung seluas 4.000 m2 ini punya arsitektur yang unik dan kental dengan warna putih. Bukan hanya arsitekturnya saja yang menarik, beragam koleksi yang ada juga di sini juga sayang untuk dilewatkan. Mulai dari karya-karya seniman ahli, seniman modern, hingga seniman kontemporer, bisa kamu temukan di sini. 

Serunya lagi, beragam program pendidikan semi formal seperti seminar seni, diskusi, workshop dan apresiasi seni sering diselenggarakan di sini guys. Namun karena kondisi pandemi COVID-19 belum membaik, nampaknya beberapa kegiatan harus tertunda.

Bahkan museum yang biasanya buka setiap Selasa - Minggu itu kini hanya dibuka untuk kunjungan publik setiap Sabtu dan Minggu. Waktu kunjungan pun dibatasi tiga sesi, yaitu pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, dan 14.30 WIB dengan jumlah pengunjung maksimal 15 orang per sesi. 

Nah untuk dapat informasi lebih lanjut soal museum satu ini, Urbanreaders bisa kepoin akun Instagram mereka di @art1newmuseum ya!

3. Museum Kesenian Agung Rai

1617697662-pameran-di-museum-ARMA-Bali.JPGMuseum Kesenian Agung Rai. (Instagram @arma.bali)

Selanjutnya, Urbanasia bakal ajak kamu jalan-jalan ke Bali nih Urbanreaders. Sebab di sini ada museum seni yang gak boleh kamu lewatkan, yaitu Museum Seni Agung Rai (ARMA).

Museum ini didirikan oleh Agung Rai, orang Bali yang mengabdikan hidupnya untuk pelestarian dan pengembangan seni dan budaya Bali. Museum ini sudah berusia hampir 25 tahun karena telah resmi dibuka sejak 9 Juni 1996.

Di sini kamu bisa menemukan beragam lukisan karya seniman dalam dan luar negeri. Mulai dari karya Agung Rai sang founder, seniman Jawa abad ke-19 Raden Saleh dan Syarif Bustaman, master Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, Anak Agung Gede Sobrat dan I Gusti Made Deblog, sampai seniman asing yang menetap di Bali seperti Willem Gerard Hofker, Rudolf Bonnet, dan Willem Dooijewaard bisa kamu temukan.

Semua koleksi lukisan di sini merupakan lukisan tradisional hingga kontemporer, termasuk lukisan Kamasan klasik pada kulit kayu, mahakarya seniman Batuan tahun 1930-an dan 1940-an. Berbagai karya seni yang ikut berkontribusi dalam perkembangan seni rupa di Bali ada di sini. Keren, kan?

Menariknya lagi, saat berkunjung ke ARMA kamu juga bisa menikmati pertunjukan teater, tari, kelas musik dan lukisan, toko buku, perpustakaan dan ruang baca, lokakarya budaya, konferensi, seminar sampai dengan pelatihan. Jadi untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini, langsung aja kepoin akun Instagram mereka di @arma.bali atau kunjungi website mereka di sini.

4. Artjog (Museum Nasional Jogja)

1617697734-instalasi-di-ARTJOG.jpgArtjog 2020. (Instagram @artjog.id)

Museum seni selanjutnya ada di Yogyakarta nih guys. Yap, apalagi kalau bukan Artjog (Museum Nasional Jogja). Artjog yang merupakan gelaran seni tahunan ini selalu berhasil membuat para pecinta seni terkagum dengan gagasan-gagasan mereka yang unik dan berbeda setiap tahunnya.

Berada di bawah naungan Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya, Artjog hadir di tengah pecinta seni sebagai festival yang mewadahi proses berkesenian dan kreasi yang mutakhir. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, Artjog sudah bisa dinikmati secara virtual.

Festival seni kontemporer tahunan ini sendiri pertama kali digelar pada 2008 guys. Saat itu, Artjog yang diselenggarakan bersama Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) diklaim sebagai pekan raya seni rupa kontemporer pertama di Indonesia. Lama bertempat di Taman Budaya Yogyakarta, Artjog akhirnya pindah lokasi ke Museum Nasional Jogja sejak gelaran ke-9 mereka di tahun 2016.

Setiap tahunnya, mereka akan menggelar pameran seni rupa dan beberapa program edukasi seperti Curator’s Talk, Meet the Artist, dan webinar yang sayang untuk dilewatkan. Nah di tahun ini, Artjog bakal digelar pada 8 Juli - 31 Agustus mendatang.

Tapi Urbanreaders harus bersabar ya karena tema tahun ini masih rahasia! Kalau kamu tak ingin ketinggalan informasi pentingnya, kepoin terus akun Instagram mereka di @artjog.id atau kunjungi website mereka di sini

5. Museum MACAN

1617698366-pameran-museum-MACAN-1.JPGPameran di Museum MACAN. (Instagram @museummacan)

Pecinta seni pasti sudah gak asing dengan museum satu ini kan? Yap Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara alias Museum MACAN adalah sebuah museum seni yang berada di Jakarta. Tepatnya berada di AKR Tower, Jl. Perjuangan No. 5, Kb. Jeruk, Jakarta Barat.

Di sini, kamu bisa menemukan beragam koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia dan berbagai belahan dunia. Menariknya lagi, museum ini punya program pameran dan acara aktif di fasilitas seluas 7.100 meter persegi yang mencakup ruang pendidikan dan konservasi guys.

Beragam kegiatan seru dna menarik terkait kesenian sering kali diadakan di museum satu ini. Jadi kali harus rajin-rajin cek informasi di akun media sosial atau situs resmi mereka untuk tahu pameran atau kegiatan apa saja yang sedang atau akan berlangsung!

Nah saat ini museum MACAN buka loh. Museum MACAN buka setiap Selasa - Minggu mulai pukul 10.00 - 16.00 WIB guys. Tapi kalau Urbanreaders masih kepo tentang museum MACAN, langsung aja kunjungi akun Instagram mereka di @museummacan atau website mereka di sini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait