Hot News

Jakarta - Chef kenamaan Indonesia, William Wongso, belum lama ini ngajarin chef kenamaan dunia, Gordon Ramsay, masak rendang. 

Kita pasti penasaran gimana rasanya masakan yang dibuat William Wongso kan? Tapi yah mungkin sekarang belum saatnya.

Daripada galau mikirin rendang buatannya William Wongso, mending kita nyobain makan di tempat-tempat yang jadi favoritnya dia.

Nah, kira-kira apa aja restoran favorit chef 73 tahun itu? Ini dia daftarnya, Urbanreaders.

1. Dapur Mamih Sateku - Panglima Polim 

1593503821-dapurmamihsateku.jpgSumber: Instagram @dapurmamih_sateku

Restoran pertama yang jadi favorit chef Willian Wongso adalah Dapur Mamih Sateku. Seperti namanya, restoran satu ini tentu menyajikan sate.

Sate yang disajikan ada dua, yaitu sate domba dan sate ayam. Daging satenya dijamin bikin kamu super duper kenyang, guys. Gimana nggak, dagingnya tebel-tebel banget. Dan kamu nggak perlu khawatir kalau pesan sate domba, karena satenya nggak ada bau prengus sama sekali. Dan dagingnya pun lembut banget.

Sate-sate juga dihidangkan di atas hot plate, jadinya begitu disantap sate tetap terasa hangat. Selain sate, restoran ini juga menyajikan sop, gulai, tongseng, nasi goreng, dan beragam minuman. 

Karena daging sate yang tebal-tebal, harga sate di sini tentu lebih mahal. Harga sate berkisar Rp 25.000-Rp 90.000 per porsinya. Lokasi Dapur Mamih Sateku ada di Jl. Melawai 13 No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

2. Ketoprak Ciragil - Senopati 

1593503993-ketoprakciragil.jpgSumber: Instagram @kulinerjabodetabek

Ketoprak memang makanan yang umum ditemui. Tapi ketoprak yang satu ini legendaris banget di Jakarta, bahkan sering didatengin sama program-program kuliner di TV. Namanya adalah Ketoprak Ciragil. 

Menu andalannya sudah pasti ketoprak ya, guys. Nah yang bikin ketoprak Ciragil ini legendaris karena rasanya yang super enak. 

Ada yang unik juga dari ketoprak satu ini. Di sini ketopraknya ditambahkan topping telor. Dan terserah kamu mau telor apa, dadar, ceplok, atau telor asin.

Selain ketoprak, kamu juga wajib banget nyobain somay dan bakso Jhony. Di sini kamu juga bisa melepas dahaga dengan minuman khas Indonesia, misalnya es teler, es blewah, es cincau, es doger, dll.

Ketoprak Ciragil harganya memang lebih mahal dibanding ketoprak abang-abang kaki lima, satu porsi ketoprak harganya sekitar Rp 25.000-30.000. Tapi rasanya dijamin super enak. FYI, Ketoprak Ciragil berlokasi di Jl. Ciragil II No.24, RT.6/RW.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Lapo Ni Tontongda - Matraman 

1593503978-laponitontongda.jpgSumber: Instagram @laponitondongta.official

Buat yang lagi berada di daerah Matraman dan tiba-tiba pengen makan makanan Batak, kalian bisa banget mampir ke Lapo Ni Tontongda. Lapo Ni Tontongda artinya adalah 'warung saudara kita'. 

Yang namanya restoran Batak sudah pasti makanan terenaknya adalah olahan daging babi. Menu andalan di sini adalah Sangsang/Saksang, yaitu makanan yang terbuat dari daging dan darah babi yang diolah dengan aneka bumbu. 

Buat temen Muslim yang mau makan di sini bisa kok, soalnya restoran ini juga menyediakan olahan ikan. Sayur Ubi Tumbuknya juga enak banget guys.

Harga makanan di restoran favorit chef Willian Wongso ini kisaran Rp 30.000, tapi tenang aja karena harganya sebanding kok sama rasanya. Lokasi Lapo Ni Tontongda ada di Jl. Pramuka No.12A, RW.1, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur.

4. Pondok Ikan Bakar Ujung Pandang - Gandaria

1593505243-ikanbakarujungpandang.jpgSumber: Instagram @food.promo

Buat pecinta seafood, kamu bisa mampir ke Pondok Ikan Bakar Ujung Pandang. Di sini tersedia beragam makanan olahan ikan, udang, kepiting, kerang, sampai cumi-cumi .

Menu andalan di restoran khas Makasar ini sudah pasti ikan bakar, terutama ikan bakar kuwe dan baronangnya. Ikan yang disediakan itu gurih dan renyah banget pas ada di mulut (sampe bikin mau meninggal). Bumbunya juga meresap sampai ke dalam daging. Rahasianya ternyata karena ikannya didatangkan langsung dari Makasar.

Kenikmatan seafood segar makin menjadi dengan varian sambal yang ditawarkan, di antaranya sambal terasi dengan mangga muda, sambal berisi potongan tomat hijau dan taburan daun kemangi, sambal petis, sambal bawang putih, dan sambal rica. 

Kalian juga perlu nyobain otak-otak, lumayan buat ganjel perut sambil nungguin hidangan utamanya datang.

Buat harganya, harga menu makanan di sini berkisar olahan ikan goreng kisaran Rp 50.000-Rp 105.000 per porsinya. Lokasi restoran ada di Jl. Gandaria 1 No.5, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

5. Ayam Bakar Taliwang Bersaudara - Melawai

1593505233-ayambakartaliwang.jpgSumber: Instagram @eatabite

Restoran terakhir favoritnya chef William Wongso adalah restoran khas Lombok, Ayam Bakar Taliwang Bersaudara.

Menu andalannya tentu saja ayam bakarnya. Bumbunya meresap sampai ke dalam daging ayam kampungnya. Sambel yang jadi pelengkap sajian juga enak banget, pedesnya mantep. Ayamnya sendiri disajikan dalam potongan utuh, tidak dipotong-potong.

Harga makanan di Ayam Bakar Taliwang Bersaudara berkisar Rp 20.000-Rp 60.000. Restoran ini berlokasi di Jl. Panglima Polim IV No.125, RT.6/RW.7, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.


Loading ..