beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tanda Kamu Sedang Butuh Dukungan Emosional

Suci Nabila Azzahra,
9 Agustus 2022 13.54.19 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda Kamu Sedang Butuh Dukungan Emosional
Image: Support teman. Sumber: Freepik

Jakarta - Kesehatan mental merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, saat sekarang ini banyak orang yang menganggap masalah mental adalah hal yang tabu. 

Seringkali diabaikan, bahkan nggak jarang kita mengabaikan permasalahan yang kita derita dan memendamnya sendirian. Hal seperti ini harus cepat ditangani. Karena permasalahan mental yang terus dibiarkan bisa menimbulkan trauma hingga depresi berat.

Namun, terlepas dari pentingnya kesehatan mental ini, masih banyak rupanya yang bertanya-tanya mengenai tanda dan tolok ukur saat seseorang sedang butuh dukungan emosional. 

Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kerap menyendiri dan menghindari aktivitas sosial

Saat kamu sedang berkumpul bersama teman atau keluarga, kamu akan merasa hampa dan sepi. Tidak ada hal yang membuat kamu semangat untuk berinteraksi. Akhirnya, kamu pun mulai menarik diri. Karena kamu merasa interaksi sosial membuatmu jadi sangat kelelahan. 

2. Sering menangis tanpa sebab yang jelas

Menangis merupakan suatu hal yang wajar. Biasanya penyebab seseorang menangis pun bermacam-macam, ada karena sedih, terharu, bahagia, dan lain sebagainya. 

Namun, kamu perlu waspada jika kerap mengeluarkan air mata tanpa kamu tahu apa penyebabnya. Bisa jadi itu tangisan akibat permasalahan yang coba kamu abaikan dan tidak kamu terima. 

Nah, kalau sudah begini nggak ada salahnya kalau kamu curhat kepada orang terdekat. Memendam masalahmu sendirian hanya akan membuat kepalamu terasa berat dan dihantui kesedihan berkepanjangan.

3. Nafsu makan dan waktu tidur berantakan

Seseorang yang dalam keadaan cemas memiliki kemungkinan yang tinggi untuk mengalami sulit tidur. Sementara itu, seseorang yang sangat depresi akan tidur sepanjang waktu.

Di sisi lain, kondisi kesehatan mental juga bisa dilihat dari nafsu makan. Saat diliputi stres, beberapa orang akan makan berlebihan untuk melampiaskan emosi mereka, namun beberapa lainnya malah tidak bisa makan sama sekali.

4. Ingin melukai diri sendiri

Tanda selanjutnya bahwa kamu perlu dukungan emosional adalah kamu berniat melukai diri sendiri. Niat seperti itu tidak akan timbul jika kondisimu sedang baik-baik saja. Manusia normal pasti akan menyayangi dirinya dan tidak akan berniat melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri.

Jika hal tersebut terlintas dalam benakmu, ada baiknya kamu segera minta bantuan kepada orang yang lebih profesional. Jika hal tersebut nggak segera kamu tangani, bisa jadi kamu semakin gak waras dan nekat melukai diri sendiri tanpa kamu sadari.

5. Sering murung dan demotivasi

Ini bukan soal malas dan cuma ingin rebahan di kasur sambil main hp atau nonton. Kamu merasa tidak punya energi dan semangat dalam melakukan apapun. Kamu merasa bahwa dirimu itu tidak berarti lagi.

Nah, itulah lima tanda jika kamu sebenarnya butuh dukungan emosional. Jangan gengsi untuk minta tolong, terlebih jika kamu sadar bahwa kamu gak sanggup memikulnya sendirian. Yuk, sama-sama lebih peduli terhadap kesehatan mental diri sendiri!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait