Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Tips Bikin Aki Mobil Tetap Awet

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Bikin Aki Mobil Tetap Awet
Image: Ilustrasi mobil. (Pixabay/free-photos)

Jakarta – Aki mobil merupakan komponen yang sangat esensial pada kendaraan. Kegunaannya mulai dari untuk menyalakan mesin, mengisi daya ponsel, mendengarkan radio, hingga menyalakan lampu utama.

Oleh karena itu, penting bagi Urbanreaders mengetahui cara merawat aki mobil supaya awet. Berikut, metode yang bisa dilakukan dilansir dari Auto 2000.

1. Lindungi Dari Cuaca Panas

1629885771-pixabay--aki mobil StockSnap-(1).jpgSumber: Ilustrasi aki mobil (Pixabay/StockSnap)

Setelah digunakan, mesin mobil menghasilkan panas atau kalor yang cukup tinggi. Ditambah dengan suhu di siang hari yang terik akan meningkatkan beban panas aki mobil. Cuaca yang cenderung panas akan menguapkan cairan aki mobil dan dapat merusak struktur internal aki. Oleh karena itu, upayakan parkir di tempat yang teduh.

2. Kurangi Perjalanan Singkat

Aki mobil akan terisi secara otomatis dayanya ketika digunakan. Namun, proses pengisian tersebut akan terjadi ketika mobil jalan sekitar 20 menit. Apabila perjalanan yang dilakukan kurang dari 20 menit, maka proses pengisian terjadi sangat minim. Untuk itu, hindari perjalanan singkat yang terlalu sering.

3. Pasang Aki dengan Benar

1629885809-pixabay-aki mobil kaboompics-(1).jpgSumber: Ilustrasi aki mobil (Pixabay/kaboompics)

Perlu dipastikan bahwa aki terpasang dengan benar dan tidak goyang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan maupun konsleting arus pendek. Cek pula aki mobil sudah terpasang dengan benar pada braket pengikatnya dan tidak bergetar. Terutama pada mobil yang sering melintasi jalanan kasar.

4. Matikan lampu

Penting untuk selalu memastikan lampu utama telah mati sebelum meninggalkan kendaraan. Jika lampu maupun perangkat elektronik di mobil tetap menyala, semantara ditinggal lama di parkiran, maka siap-siap saja mobil tidak bisa distarter. Lampu yang menyala saat mesin mati, sama saja dengan menguras aki mobil.

5. Jangan biarkan mobil Anda tidak digunakan dalam waktu lama

Aki mobil secara alami akan terjadi de-charge dari waktu ke waktu. Proses ini dikenal sebagai 'pengosongan diri'. Kamu perlu mengendarai mobil secara teratur untuk melancarkan proses pengisian ulang daya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait