menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tips Khatam Quran di Bulan Ramadan 

Nivita Saldyni,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Khatam Quran di Bulan Ramadan 
Image: Baca quran. Sumber: Freepik

Surabaya - Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Setiap amal baik yang dikerjakan pada bulan ini, pahalanya akan dilipat gandakan, termasuk membaca Al-Quran.

Tak heran kalau hal ini membuat seluruh umat muslim menjadikan Ramadan untuk mendekatkan diri dengan Al-Quran. Bahkan tak sedikit yang menargetkan untuk bisa mengkhatamkannya walau hanya satu kali.

Lalu bagaimana ya caranya agar kita bisa memanfaatkan waktu satu bulan ini untuk menyelesaikan bacaan Al-Quran kita? Berikut tips khatam Al-Quran di bulan Ramadan yang telah Urbansia rangkum dari berbagai sumber.

1. Mantapkan Niat

Niat adalah langkah awal untuk melakukan segala sesuatu, termasuk mengkhatamkan Al-Quran. Pastikan sejak awal kamu meniatkan diri untuk khatam Al-Quran semata-mata karena Allah SWT, untuk mendapatkan ridha-Nya.

Jika niat kita sudah tepat dan kuat, buatlah target yang ingin dicapai. Sehingga muncul motivasi dalam diri untuk bisa menjalaninya dengan baik.


2. Pasang Target Harian

Nur Izzatul Ulum, salah satu pengajar di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya mengatakan untuk mengkhatam Quran sekali selama Ramadan, maka minimal kita harus menyelesaikan satu jus dalam sehari.

Untuk mencapai target harian, kamu bisa mengerjakannya dengan dua cara guys. Dengan membaca setelah sahur dan berbuka atau setiap selesai salat fardhu.

"Baca Quran setiap selesai salat fardhu, dua lembar atau empat halaman. Atau baca setelah sahur dan setelah buka," kata Izza kepada Urbanasia, Rabu (14/4/2021).

Atau jika kamu sedang sibuk dan ingin membaca beberapa halaman sekaligus pun bisa loh. Menurut Izza yang penting target harian bisa tercapai. Tapi kalau perempuan sehari minimal 1,5 jus ya.

"Tapi karena perempuan bakal haid, jadi sehari minimal 1,5 jus," jelasnya.

Nah, target harian ini bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai keinginan. Apakah ingin khatam satu kali, dua kali, atau bahkan tiga kali. Semua harus diatur agar taget khatam tercapai.

3. Manfaatkan Teknologi

1618135292-Foto-1-KESAN-TEMAN-IBADAH-RAMADAN.jpgSumber: Membaca Al-Quran lewat aplikasi KESAN. Sumber: Kesan Indonesia

Saat ada kegiatan di luar dan lupa membawa al-quran, maka manfaatkanlah smarphonemu. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang memudahkan kita membawa berita dengan mudah kapan saja dan di mana hanya. 

Sehingga meski tak ada Al-Quran di dekatmu, bukan berarti kamu bisa melewatkan membaca Al-Quran ya guys. Donwload aplikasi di smartphonemu agar bisa menyelesaikan target khatam Quran tepat waktu.

4. Konsisten
Kunci terakhir adalah konsisten. Jika di awal kamu sudah membulatkan niat, maka sekarang waktunya kamu konsisten untuk menyelesaikan target tersebut. Dengan niat yang kuat dan konsisten, maka insyaAllah kamu akan bisa menyelesaikan bacaan Quranmu di bulan Ramadan. 

5. Ajak Teman atau Saudara untuk Tadarus Bersama

1610608357-baju-koko.jpgSumber: Ilustrasi dua anak mengenakan baju koko tengah membaca Al-Quran. (Freepik/odua)

Tips terakhir dari Urbanasia adalah dengan melakukan tadarus bersama. Ajak teman atau saudara yang sama-sama ingin khatam Quran di bulan ramadan. Hal ini akan membuat kamu lebih bersemangat menyelesaikan bacaan Quranmu. Partner tadarusmu pun bisa memberikan motivasi saat rasa malas mulai menghampiri.

Nah itu dia lima tips khatam Quran yang bisa kamu coba guys. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait