Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Tips Memilih Cat Rambut yang Aman

Kintan Lestari,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Memilih Cat Rambut yang Aman
Image: Ilustrasi cat rambut. (Freepik)

Jakarta - Buat yang mau mulai warnain rambut sendiri di rumah, pasti akan mencari-cari informasi terlebih dahulu sebelumnya. Baik itu caranya, harganya, maupun produk cat rambutnya.

Untuk virgin hair, pasti nggak mau dong warnain rambut terus tiba-tiba rambutnya jadi rusak. Makanya penting banget memilih cat rambut yang aman digunakan.

Terus cat rambut seperti apa sih yang aman digunakan? Cara memilihnya bagaimana? 

Biar nggak penasaran, ikutin nih beberapa tips dari Urbanasia untuk memilih cat rambut yang aman yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari Kandungan Berbahaya

1640677797-produk-cat-rambut.jpgSumber: Ilustrasi cat rambut. (Freepik)

Kamu nggak mau kan rambutmu yang indah sebelum diwarnai tiba-tiba jadi rusak? Maka dari itu, pilih produk cat rambutnya yang nggak ada kandungan berbahayanya ya. Contohnya amonia.

Kandungan tersebut digunakan di produk pewarna rambut karena memungkinkan warna menembus kutikula rambut. Sayangnya penggunaan amonia dalam waktu lama bisa menyebabkan rambut kering dan rusak, serta iritasi pada tenggorokan dan sistem pernapasan akibat paparan amonia. 

2. Pilih yang Ada Bahan Alaminya

1640677766-cat-rambut-aman.jpgSumber: Ilustrasi cat rambut. (Freepik)

Tips memilih cat rambut yang aman selanjutnya adalah pastikan cat rambutmu juga mengandung bahan alami yang baik untuk rambut, misalnya almond oil atau minyak zaitun. Kedua kandungan alami tersebut baik untuk rambut.

Almond oil baik untuk memperkuat rambut, sementara minyak zaitun membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut serta mencegah rambut dari kerusakan. So, jangan lupa cari produk cat rambut yang punya bahan alami di dalamnya.

3. Tes Terlebih Dulu

1640677788-cat-rambut-aman-4.jpgSumber: Ilustrasi cat rambut. (Freepik)

Biasakan ya Urbanreaders kalau mencoba produk baru yang kena kulit, kamu lakukan tes terlebih dahulu untuk lihat apakah ada reaksi tertentu yang muncul. Begitu juga dengan produk cat rambut.

Produk pewarna rambut kan akan mengenai kulit kepala. Jadi sebelum menggunakannya, kamu wajib melakukan tes dulu ke area kulit lain untuk lihat reaksinya. Kalau misalnya muncul reaksi seperti gatal, muncul ruam, atau perih artinya jangan gunakan produk tersebut.

4. Ikuti Aturan Pakainya

1640677780-cat-rambut-aman-3.jpgSumber: Ilustrasi cat rambut. (Freepik)

Instruksi yang tertera di produk cat rambut bukan sekadar ditulisin ya biar kotaknya terisi penuh. Tapi memang instruksinya harus dilakukan. 

Kamu mungkin sudah pilih produk yang nggak ada kandungan berbahayanya dan ada bahan alami untuk merawat rambut, tapi pas terakhir kamu pakai cat rambutnya suka-suka tanpa mengikuti petunjuk yang tertera. Ya sama saja bohong. So, jangan lupa ikuti aturan pakai yang tertera.

5. Pastikan Produknya Terdaftar di BPOM

1602593855-warna-rambut.jpgSumber: Ilustrasi rambut berwarna. (Pixabay)

Tips terakhir dalam memilih cat rambut yang aman adalah pastikan produknya sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang sudah terdaftar BPOM sebelumnya sudah diuji hingga akhirnya diberikan izin edar. 

Itu dia Urbanreaders tips memilih cat rambut yang aman buat kamu yang mau warnain rambut sendiri. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait