beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut
Image: Ilustrasi rambut sehat (Freepik/diana.grytsku)

Jakarta - Siapa sih yang nggak ingin punya rambut sehat? Pasti Urbanreaders pengen kan punya rambut sehat. Tapi sayang, nggak semua orang diberkahi rambut sehat.

Penyebabnya beragam, bisa karena genetik, bisa juga karena gaya hidup seperti sering terpapar sinar matahari atau alat hairstyling. Akibatnya, rambut jadi mudah patah, warnanya kusam, dan teksturnya kering. 

Memang seperti apa sih rambut sehat itu? dr. Shakti Indraprasta SpKK dari NMW Skin Care mengungkap ada beberapa ciri rambut sehat.

"Ciri-ciri rambut sehat itu pertama tampak berkilau. Kedua, jika dipegang terasa halus atau lembut. Kemudian yang ketiga tidak bercabang. Lalu yang keempat tidak mudah rontok atau patah. Kelima, memiliki kulit kepala yang sehat yaitu tidak berkotembe dan jumlah rambut rontoknya normal. Itu yang merupakan ciri-ciri rambut yang sehat," kata Shakti dalam sebuah acara di kawasan Kebayoran, Jumat (22/7/2022).

Terus gimana cara mendapatkan semua ciri rambut sehat itu? Diungkapkan Shakti, ada 5 tips untuk mendapatkan rambut sehat. Tips yang paling mudah dikatakan Shakti adalah dengan memakai produk yang sesuai tipe kulit kepala.

"Tips yang pertama kita harus memilih shampoo sesuai dengan tipe kulit kepala kita. Kemudian yang kedua keramas secara rutin sesuai dengan tipe kulit kepala. Kalau tipe kulit kepalanya berminyak mungkin keramas satu sampai dua hari, kalau tipe kulit kering bisa lebih jarang misalnya dua hari sekali. Jadi tergantung tipe kulit kepala. 

Selanjutnya, ia juga menyarankan untuk melakukan gerakan lembut ketika keramas dan tak lupa memakai kondisioner setelahnya.

"Kemudian (tips) yang ketiga, pada saat keramas itu digosokkan secara halus dan rata ke seluruh kulit kepala. Lalu yang keempat gunakan kondisioner pada ujung rambut setelah menggunakan shampoo," sambungnya.

Tips terakhir untuk mendapatkan rambut sehat dikatakan Shakti yaitu jangan terlalu panas menyetel suhu alat hairstyling

"Lalu yang kelima pada saat menggunakan catokan, gunakan heat-nya seminimal mungkin. Jadi jangan langsung atur ke waktu yang tinggi. Kemudian pakai hairdryer juga jangan terlalu dekat, jarakin 20-30 cm," pungkas Shakti.

Ada catatan nih buat yang suka pakai alat hairstyling. Menurut dr. Shakti, jangan memakai alat hairstyling ketika rambut masih basah. 

"Jangan dipakai pada saat kondisi rambut masih basah. Itu salah satu kesalahan yang paling sering, jadi pada saat rambut masih basah sudah pakai hairdryer atau catokan. Itu nggak boleh sebenarnya. Jadi tunggu setengah kering dulu," tutupnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan Urbanreaders bagaimana cara mempunyai rambut sehat? Jangan lupa ikuti 5 tips di atas ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait