beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Cara Alami Perawatan Rambut Sehat dan Berkilau

Itha Prabandhani,
12 Desember 2021 12.00.01 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Alami Perawatan Rambut Sehat dan Berkilau
Image: freepik

Jakarta - Siapa sih yang nggak pengen punya rambut yang sehat dan berkilau? Mau cowok atau cewek, penampilan rambut yang baik, bakal menjadi nilai plus buat penampilan kamu, loh.

Sejak zaman nenek moyang, perawatan alami rambut udah banyak dilakukan. Mulai dari mencuci rambut dengan merang, atau mengolesi rambut dengan minyak kemiri yang disangrai sendiri. Tapi, hari gini, kamu pasti suka yang lebih praktis kan? Kamu bisa cobain beberapa cara alami perawatan rambut yang dirangkum Urbanasia dari Boldsky. Yuk, check this out!

1. Pijat Kulit Kepala

1626918163-keramas-di-salon.jpgSumber: Keramas di salon. (Freepik/prostooleh)

Pemijatan kulit kepala nggak hanya akan melembapkan rambut tapi juga menutrisinya. Gunakan minyak kemiri, minyak zaitun, minyak almond, atau minyak alpukat dan pijat-pijat seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan setidaknya selama 10 menit sebelum dibilas. Proses ini juga akan melancarkan aliran darah di kepala, sehingga rambut kamu akan tumbuh dengan lebih sehat dan kuat.  

2. Kayu Manis dan Jeruk Nipis

1619061403-kayu-manis---freepik-nipapornnan.jpgSumber: Kayu manis (Freepik/nipapornnan)

Kayu manis dan jeruk nipis adalah dua bahan rumahan yang memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi kayu manis secara rutin dipercaya dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini pun dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa mengonsumsi kayu manis dengan air hangat dan perasan jeruk nipis, dapat membantu menjaga bakteri baik dalam pencernaan. Jika pencernaan kamu baik, maka kulit dan rambut kamu pun akan tampak lebih sehat dan berkilau.

3. Keramas dengan Teratur

1603370795-keramas.jpgSumber: Ilustrasi keramas. (Freepik)

Keramas dengan teratur akan menjaga kondisi rambut dan kulit kepala selalu bersih. Gunakan shampo yang cocok dengan jenis rambutmu dan cucilah rambut seminggu dua atau tiga kali. Jangan lupa, perhatikan masalah kulit kepala yang kamu miliki, seperti ketombe, gatal-gatal, ataupun berminyak. Atasi masalah kulit kepalamu agar rambut pun tetap sehat.

4. Lakukan Yoga

1614005711-pexels-photo-6707459.jpeg-yoga-pixabay-by-Mikhail-Nilov.jpegSumber: Ilustrasi yoga. Sumber: Pinterest/ festival brides.

Nggak cuma baik untuk kesehatan fisik dan spiritual, rutin melakukan yoga ternyata juga berpengaruh pada kesehatan rambut kamu, loh. Beberapa posisi dalam yoga dipercaya dalam membantu meningkatkan sirkulasi darah di kepala sekaligus menghilangkan stress. Hasilnya, rambut kamu pun akan lebih sehat, kuat, dan tampak berkilau. Beberapa posisi yoga yang bisa kamu coba adalah Balasana (Child’s pose), Vajrasana (Thunderbolt pose), Matsyasana (Fish pose), serta Adho Mukha Svanasana (Downward facing pose). Lakukan yoga empat kali seminggu. Kalau kamu pemula dalam yoga, lakukan dengan bantuan guru, ya?

Selamat mencoba!
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait