beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Awas, 4 Gaya Rambut Ini Bisa Bikin Rambut Rontok Loh!

Kintan Lestari,
20 Juli 2022 15.14.54 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas, 4 Gaya Rambut Ini Bisa Bikin Rambut Rontok Loh!
Image: Ilustrasi gaya rambut. (Freepik/lookstudio)

Jakarta - Penyebab rambut rontok beragam. Mulai dari akibat hairstyling, efek samping pengobatan, stres, sampai gaya rambut. Yap, gaya rambut yang bikin penampilanmu menarik ternyata bisa bikin rambut rontok loh.

Pasti banyak deh yang belum sadar kalau ternyata penyebab rambut rontokmu salah satunya akibat gaya rambut. Duh, gaya rambut apa yang bisa bikin rambut rontok?

Biar kamu nggak bertanya-tanya lagi, cek nih 4 gaya rambut yang berpotensi bikin rambutmu rontok. 

1. Ponytail

1602052268-kuncir.jpgSumber: Rambut kuncir kuda. (Freepik)

Gaya rambut ponytail alias kuncir kuda cocok untuk kamu yang nggak mau ribet menata rambut. Namun penata rambut berbasis di New York City, Jenna Marie Shafer mengungkap kalau kamu sering mengenakan gaya rambut ini maka berpotensi membuat rambut rontok. 

"Tetapi ketika kamu mengikat rambut dengan kuncir kuda yang sama setiap hari, kamu menambahkan tekanan ke tempat yang sama berulang-ulang, dan pada akhirnya itu akan menyebabkan rambut patah di bagian pangkal ekor kuda," ujar Shafer kepada Byrdie.

Jadi tidak masalah kamu mengenakan gaya kuncir kuda, asalkan jangan setiap hari.

2. Cornrows

1658303209-cornrows.jpgSumber: Ilustrasi cornrows hair. (Freepik/prostock-studio)

Untuk membuat cornrows, kamu perlu menarik akar rambut. Ini yang dapat menyebabkan kerontokan rambut karena rambut dapat terlepas dari akarnya. Ini membuat rambut bercabang, lemah, dan folikel rambut jadi rusak. 

Gaya rambut ini tidak hanya memberi tegangan di akar rambut, tetapi juga di sekitar garis rambut, terutama pelipis. Area pelipis yang menipis merupakan tanda umum dari traksi alopecia, karena garis rambut yang menanggung beban terberat, dan rambut di area pelipis menjadi yang terlemah di kulit kepala.

3. Tightly Braided

1640080299-rambut-kepang.jpgSumber: Ilustrasi rambut kepang. (Freepik/cookie_studio)

Hampir sama prinsipnya dengan corncrows, kepangan yang terlalu kencang juga bisa membuat rambut rontok karena terjadi tarikan konstan pada folikel rambut. Tegangan tarik tersebut dapat menyebabkan kondisi kerontokan rambut yang serius, seperti traksi alopecia, yang disebabkan oleh penggunaan gaya rambut yang ketat dalam jangka waktu yang lama.

"Jenis kepang ini bisa merusak tergantung pada seberapa ketat atau beratnya kepang. Tekanan pada folikel dapat melemahkannya dan terkadang menyebabkan rambut rontok," kata Jessica O'Brien, seorang stylist untuk merek perawatan rambut Ouidad.

Tapi bukan berarti kamu jadi tidak bisa mengepang rambutmu ya. Kamu bisa tetap mengepang rambut kok. asalkan jangan terlalu kencang. 

"Cara terbaik untuk memakai kepang dengan kerusakan minimal adalah tidak mengepang terlalu ketat di kulit kepala, mengambil jeda antara memakai kepang, dan melembabkan kulit kepala Anda sebelum, selama, dan setelah memakai kepang dengan minyak esensial," kata O'Brien.

4. Wet Updo

1658303223-updo-hair.jpgSumber: Ilustrasi updo hair. (Freepik/kukuruzaphoto)

Gaya rambut updo saja sudah merusak rambut, terus bayangkan kamu mengenakan gaya updo dengan keadaan rambut basah. Kerusakannya sudah pasti dobel ya.

"Rambut paling rentan saat basah. Saat rambut dikuncir dalam kondisi basah, lalu rambut mengering dan dibentuk gaya updo, rambut akan lebih tertarik. Ini bisa menyebabkan rambut rontok," kata penata rambut selebriti Cheryl Bergamy.

Itu dia Urbanreaders 4 gaya rambut yang berpotensi bikin rambutmu rontok. Sebenarnya tidak masalah mengenakan gaya rambut tersebut, tapi pastikan jangan terlalu sering bahkan sampai setiap hari. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait