beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tips Menjaga Makanan dari Serbuan Semut

Priscilla Waworuntu,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Menjaga Makanan dari Serbuan Semut
Image: Ilustrasi Semut. (freepik/rhjphotoandilustration)

Jakarta -  Hal sepele seperti menyimpan makanan di rumah bisa saja jadi tantangan tersendiri.  Bayangkan jika tempat penyimpanan makananmu diserbu semut, pasti akan membuatmu merasa kesal. Biasanya semut lebih senang berkumpul di makanan manis, namun bukan berarti jenis makanan lain juga aman dari serangan semut. 

Bagi kamu yang sudah melakukan berbagai cara untuk bisa mengusir semut tetapi tidak mempan juga, kali ini Urbanasia akan berbagi beberapa tips yang bisa kamu praktekkan nih di rumah. Berikut adalah beberapa tipsnya: 

1. Kapur Semut 

Kapur semut bisa dibilang adalah salah satu benda yang paling ampuh untuk mengusir semut. Untuk menggunakannya, kamu bisa menggambar pada tembok atau lantai, yang dimana nantinya semut akan terperangkap dalam lingkaran yang sudah dibuat. Kapur semut ini bisa kamu temukan di berbagai tempat, seperti toko, supermarket bahkan warung. 

Bentuknya pun sebenarnya sama saja dengan kapur pada umumnya. Nah tips untuk menggunakannya, sebisa mungkin kamu melingkari tempat yang dipilih dengan menekan kapur agar goresan kapurnya tebal. Sehingga, akan membuat tempat penyimpanan makanan semakin aman dari semut. 

2. Minyak Kayu Putih 

Bagi sebagian orang, mungkin minyak kayu putih tidak pernah terpikirkan untuk mejadi alat pengusir semut. Walau memang pada nyatanya, semut sebenarnya sangat tidak menyukai minyak tanah. Hanya saja, aroma yang dikeluarkan oleh minyak kayu putih ternyata cukup menyengat loh bagi semut. Sehingga, kamu bisa banget mencoba minyak kayu putih sebagai alat untuk mengusir semut. 

3. Sabun Pencuci Piring

Selanjutnya, ternyata menggunakan sabun cuci piring juga bisa loh mengusir kawanan semut. Untuk kamu yang ingin mencobanya, hal-hal yang perlu dipersiapkan mudah banget loh. Kamu hanya perlu menyiapkan air, botol semprotan kosong, dan air secukupnya. Jika sudah, kamu tinggal menyemprotkan air sabun ini ke beberapa tempat yang memang biasanya dikelilingi oleh kawanan semut. 

4. Jeruk Nipis

Bagi kamu yang lebih menyukai dengan bahan alami, jeruk nipis ini bisa menjadi salah satu opsi yang bisa kamu gunakan dalam mengusir semut. Caranya gampang banget nih, kamu hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras jeruk nipis. Air perasannya, bisa kamu oleskan di tempat yang kemungkinan besar akan menjadi sarang semut. Contohnya seperti, kaki meja makan. 

5. Cuka Putih

Terakhir, benda yang memiliki bau cukup menyengat adalah cuka putih. Cuka putih, terkenal dengan aroma asamnya yang cukup menyengat dan hal ini tidak disukai oleh semut.

Dalam menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan air dan menaruhnya dalam botol semprotan. Setelah itu, kamu bisa langsung menyemprot campuran cuka putih ini ke beberapa tempat yang berpotensi menjadi sarang semut. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengusir semut dari makananmu. Selamat mencoba! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait