Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Tips Merawat Gitar agar Nggak Mudah Rusak

Gagas Yoga Pratomo,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Merawat Gitar agar Nggak Mudah Rusak
Image: Ilustrasi gitar (Pixabay/karishea)

Jakarta - Gitar merupakan salah satu alat musik yang perlu perawatan ekstra. Pasalnya, ada beberapa bagian gitar yang rentan rusak dan membuat suara gitar menjadi fals.

Dilansir dari duetshop ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat gitar supaya tetap awet dan tidak mudah rusak. 

Berikut 5 tips merawat gitar agar gitar kamu tidak mudah rusak dan kualitas suaranya tetap bagus. 

1. Simpan gitar dalam tasnya 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar gitar tetap awet adalah dengan menyimpan gitar di dalam tasnya ketika tidak digunakan.

Hal tersebut bisa membantu gitar agar terhindari dari debu dan kotoran. Debu yang terlalu banyak masuk ke dalam body gitar bisa merusak kualitas kayu dan suara dari gitar.

2.Simpan gitar dalam suhu ruangan

Jangan lupa untuk selalu pastikan suhu tempat kamu menyimpan gitar sesuai dengan suhu ruangan. Suhu bisa sangat berpengaruh terhadap daya tahan gitar. 

Suhu yang terlalu rendah atau tinggi bisa membuat lapisan kayu pada gitar terangkat dan gitar menjadi rusak. Tentunya jika sudah terjadi hal seperti itu, gitar harus segera diperbaiki.

3. Ganti senar secara berkala

Semakin sering gitar kamu mainkan, maka semakin cepat daya tahan senar menurun. Ketika kamu memainkan gitar, akan ada keringat keluar dari jari-jari. Hal itu menyebabkan senar berkarat.

Senar yang berkarat akan mengikis bagian nut gitar yang membuat suara gitar menjadi Buzzing. Jika Nut sudah rusak, kamu harus mengeluarkan biaya untuk menggantinya.

4. Rutin membersihkan gitar

Semua alat musik yang tidak rutin dibersihkan tentunya akan rusak, begitupun gitar. Bersihkanlah gitar minimal sebulan sekali menggunakan cairan khusus untuk gitar atau bisa menggunakan lap kering.

5. Kendurkan senar apabila tidak digunakan dalam waktu lama

Hal ini salah satu yang paling sering dilupakan oleh pemilik gitar. Ketika kamu berencana untuk tidak menggunakan gitar dalam waktu yang lama, maka kendurkanlah senar gitar. 

Tarikan yang diberikan senar akan membuat bagian Neck gitar melengkung jika gitar tidak digunakan dalam waktu lama. Permasalahan Neck gitar melengkung adalah yang paling sering terjadi. 

Maka dari itu, lebih baik mencegah sebelum gitar rusak dan memerlukan biaya cukup besar untuk memperbaikinya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait