menu
user
URtech

5 Tips WhatsApp yang Berguna untuk Kamu

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips WhatsApp yang Berguna untuk Kamu
Image: Aplikasi WhatsApp. (Ilustrasi/Pixabay)

Jakarta - Meskipun beberapa orang berbondong-bondong ke Signal dan Telegram karena pembaruan privasi WhatsApp yang kontroversial, faktanya tetap bahwa aplikasi perpesanan milik Facebook masih mendominasi pasar. 

WhatsApp memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, menjadikannya aplikasi perpesanan paling populer. 

Nah Urbanasia telah mengumpulkan beberapa tip dan trik WhatsApp yang dapat membantu kamu mendapatkan lebih banyak manfaat dari aplikasi perpesanan populer ini.

1. Sembunyikan centang biru

Tanda centang biru yang kamu lihat di samping pesan sangat berguna untuk memberi tahu pengguna saat pesan dikirim dan dibaca. Tapi tanda centang biru itu terbukti merepotkan jika kamu tidak membalas seseorang secara instan. 

Solusinya: matikan tanda terima telah dibaca. Berikut cara melakukannya: Buka Pengaturan -> Akun -> Privasi , lalu hapus centang pada kotak "Baca Tanda Terima ". 

Namun demikian, ada batasan untuk fitur ini. Perlu diingat bahwa fitur tersebut tidak akan menonaktifkan tanda dibaca untuk obrolan grup.

2. Sembunyikan gambar profil

Ada kalanya kamu tidak ingin semua orang melihat foto profilmu, terutama ketika menjadi bagian dari grup keluarga yang mengganggu. Kabar baiknya adalah ada cara untuk menyembunyikan gambar profil di WhatsApp. 

Untuk melakukan ini, buka WhatsApp dan buka Pengaturan. Klik Akun lalu Privasi. 

Sekarang, ketuk foto Profil. Kamu akan mendapatkan tiga opsi: 'Semua Orang' , ' Kontak Saya' , ' Tidak Ada' . Jika kamu ingin foto profil terlihat oleh orang-orang yang nomornya disimpan di kontak, maka cukup pilih 'Kontak Saya'. Jika ingin tidak ada yang melihat foto profil kamu, pilih ' No One '.

3. Balas pesan grup secara pribadi

Tahukah bahwa kamu dapat mengirim pesan pribadi dalam obrolan grup? WhatsApp memungkinkan kamu mengirim pesan pribadi ke anggota dalam obrolan grup, artinya dimungkinkan untuk membalas ke anggota grup tertentu - menjaga percakapan tidak terlihat oleh orang lain. 

Jika kamu menggunakan iPhone, cukup tekan dan tahan pesan dalam obrolan grup. Ketuk opsi “… Lainnya”, lalu ketuk “Balas Secara Pribadi” . 

Kalau kamu menggunakan ponsel Android , menu akan muncul di bagian atas layar. Kamu harus mengetuk tiga titik di sudut kanan atas untuk mengakses opsi "Balas Secara Pribadi".

4. Agar gambar dan video tak muncul di galeri Anda

WhatsApp secara otomatis mengunduh foto dan video di galeri ponsel. Beberapa pengguna merasa mengganggu karena itu adalah penyimpanan dan data konsumen, tetapi ada cara untuk menghentikan WhatsApp menyimpan foto dan video di ponsel. 

Buka WhatsApp lalu pilih Pengaturan. Buka Media Auto-Download, di mana kamu akan menemukan tiga opsi: Saat Menggunakan Data Seluler, Saat Tersambung di Wi-Fi dan Saat Roaming . Nonaktifkan unduhan otomatis dengan menghapus centang ketiga opsi, Gambar, Audio, dan Video.

5. Cara memblokir kontak WhatsApp

Meskipun kegunaan WhatsApp memungkinkan kita untuk berhubungan dengan teman dan keluarga, ada kalanya kamu merasa tidak ingin berhubungan dengan seseorang. 

Untungnya, memblokir kontak di WhatsApp sangat mudah. Untuk memperjelas, kontak yang diblokir tidak akan dapat menelepon atau mengirim pesan kepada kamu, dan pembaruan status tidak akan terlihat oleh mereka. 

Jika kamu memblokir kontak di platform perpesanan, WhatsApp tidak akan memberi tahu mereka bahwa mereka telah diblokir. Berikut cara melakukannya:
1.) Buka WhatsApp.
2.) Buka Pengaturan> Obrolan spesifik> Ketuk info kontak di bagian atas> Gulir ke bawah ke bawah> Blokir Kontak.
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait