beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Trik Makeup Anti Luntur, Tahan Panas dan Badai!

Izzah Putri Jurianto,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Trik Makeup Anti Luntur, Tahan Panas dan Badai!
Image: Ilustrasi makeup anti luntur. (Freepik)

Jakarta - Sudah makeup lama, tapi dipakai keluar satu dua jam malah luntur kena panas. Pernah mengalami hal serupa nggak, Urbanreaders?

Makeup yang kurang tahan lama biasanya terjadi karena ada tahapan yang kamu lewatkan. Atau, bisa juga karena teknik makeup kamu yang masih keliru. Nggak usah basa-basi, yuk simak 5 trik untuk dapetin hasil makeup tahan lama dari Urbanasia!

1. Skin-Prepping yang Maksimal

1661250357-skin-prepping.jpgSumber: Ilustrasi skin prepping. (Freepik/kroshka__nastya)

Sebelum makeup, kamu perlu melakukan skin-prepping dengan benar. Apa itu skin-prepping? Skin-prepping, atau bisa kita sebut juga sebagai skin preparation, adalah tahapan untuk menyiapkan kulit sebelum dipakaikan makeup.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan skincare. Mulailah dengan produk yang bisa melembabkan kulit agar makeup bisa lebih menempel ke kulit. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen apabila kamu akan beraktivitas di siang hari. Setelah itu, tentu saja kamu juga harus menggunakan primer. Skin-prepping dengan benar akan membuat hasil makeup lebih long lasting di kulit.

2. Hindari Makeup dengan Formula Berat

1655379463-makeup-sweatproof-summer.jpgSumber: Ilustrasi makeup. (Freepik/svetlanasokolova)

Menginginkan riasan yang tahan lama bukan berarti kamu harus mengaplikasikan produk-produk yang berat. Justru, jenis makeup seperti ini akan lebih mudah bergeser, crack, atau luntur ketika beraktivitas terlalu banyak. 

Pilihlah makeup yang tidak membuat kulit terasa berat. Dengan begitu, kamu juga akan merasa lebih enjoy menggunakannya dan kulitmu tidak merasa gerah. Riasan pun jadi lebih tahan terhadap keringat.

3. Gunakan Eyeliner dan Maskara Waterproof

1661250350-pakai-maskara.jpgSumber: Ilustrasi pakai maskara. (Freepik/valuavitaly)

Eyeliner dan maskara adalah produk makeup yang lebih mudah terhapus jika terkena air atau keringat. Untuk menghindari hal ini, lebih baik pakailah eyeliner dan maskara dengan klaim waterproof. Hal ini bertujuan agar makeup kamu lebih tahan seharian. Jadi nggak harus sering-sering reapply, deh!

4. Set Makeup dengan Bedak

1637419685-pakai-bedak.jpgSumber: Ilustrasi wanita pakai bedak. (Freepik/lookstudio)

Bedak ibaratnya adalah untuk mengunci makeup. Jenis bedak ada banyak macamnya, jadi kamu perlu pandai-pandai memilih jenis bedak yang sesuai untuk kulitmu.

Untuk mendapatkan hasil makeup yang tidak mudah luntur, kamu tidak perlu mengoleskan bedak dengan tebal ke kulit. Cukup gunakan brush dan aplikasikan tipis-tips ke area di wajah yang mudah berkeringat. Makeup di daerah dahi, sekitar hidung, dan dagu biasanya lebih mudah crack, jadi perlu perhatian khusus.

5. Jangan Lupakan Setting Spray!

1661250362-setting-spray.jpgSumber: Ilustrasi setting spray. (Freepik)

Langkah yang paling penting tentu saja adalah setting spray. Kalau bedak berfungsi sebagai pengunci makeup, maka setting spray tugasnya adalah melindungi. 

Untuk menggunakan setting spray, semprotkan secara merata ke wajah dengan jarak sekitar 10 cm. Jangan menyemprot terlalu dekat agar wajah tidak terlalu basah. Setelah itu, tunggu hingga wajah benar-benar kering dengan sendirinya.

Gimana? Untuk menghasilkan makeup yang long lasting, kamu bisa berkreasi sendiri di rumah, Guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait