menu
user
URtech

5G Belum Ada di Indonesia, Apple Malah Siap Kembangkan 6G

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5G Belum Ada di Indonesia, Apple Malah Siap Kembangkan 6G
Image: Ilustrasi Jaringan 6G. (Foto: freepik/naratrip)

Jakarta - Belum lagi 5G ada di Indonesia, teknologi penerusnya sudah mau dikembangkan. Salah satu perusahan yang bakal melakukannya adalah Apple.

Laman Bloomberg melaporkan kalau raksasa teknologi pembuat iPhone tengah membuka lowongan engineer. 

Kandidat yang dicari Wireless Research System Engineers dan RAN1 / RAN4 Standards Engineers.

Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari tim yang menentukan dan melakukan penelitian tentang standar generasi mendatang, yakni 6G.

Nantinya penelitian akan menitikberatkan pada riset dan perancangan sistem komunikasi 6G untuk jaringan akses radio dengan penekanan pada lapisan PHY / MAC / L2 / L3.

Nantinya engineer yang berhasil diterima bakal ngantor di kantor pusat Apple di Cupertino. Selain itu di San Diego, di mana Apple membuka kantor khusus untuk fokus pada teknologi nirkabel dan silikon.

Seperti diketahui Apple memperkenalkan perangkat 5G pertamanya di jajaran iPhone 12 akhir tahun lalu, dan ponsel tersebut menggunakan modem Qualcomm. 

Tetapi laporan baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa Apple berencana untuk merancang modemnya sendiri sehingga dapat melepaskan komponen Qualcomm dari ponsel masa depannya.

Integrasi end to end dari semua bagian hardware, aplikasi, dan layanan di perangkat telah lama menjadi titik pemasaran utama dan prinsip panduan internal untuk pengembangan produk di Apple. 

Perusahaan mengatakan percaya bahwa pendekatan ini memungkinkan produk dan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, tetapi juga memungkinkan Apple untuk terus maju dengan semakin sedikit ketergantungan pada perusahaan lain untuk mencapai kesuksesan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait