Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

6 Fakta Kasus Ibu Cungkil Mata Anaknya di Gowa, Diduga untuk Pesugihan

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Fakta Kasus Ibu Cungkil Mata Anaknya di Gowa, Diduga untuk Pesugihan
Image: Ilustrasi Mata Anak (Pixabay/Free-Photos)

Gowa - Kasus kekerasan fisik menimpa anak perempuan berusia 6 tahun dilakukan oleh orang tua kandungnya sendiri di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal ini masih diselidiki secara intens oleh Polres Gowa.

Kedua orang tua kandung korban bersama paman dan kakeknya berusaha mencungkil mata kanan korban inisial AP tersebut, Rabu (1/9/2021).

Perlakuan sadis tersebut dilakukan orang tua korban diduga karena pengaruh halusinasi, di dalam tubuh korban ada penyakit yang perlu dikeluarkan dengan cara mencungkil bagian matanya.

Dalam kejadian tersebut, ibu korban dengan inisial HAS berusaha mencungkil mata sebelah kanan korban AP dengan menggunakan jari tangan. Hal tersebut mengakibatkan mata sebelah kanan dari korban mengalami luka dan mengeluarkan darah.

Selain itu, ada beberapa fakta terkait kekerasan yang menimpa bocah 6 tahun untuk pesugihan yang telah dirangkum Urbanasia, sebagai berikut.

1. Perlakuan Sadis Dilakukan Keluarga Sendiri 

Video yang memiliki durasi dua menit 50 detik ini memperlihatkan ada tiga orang yang memegang tangan dan kaki korban tersebut.

Lalu, dalam video tersebut juga terlihat seseorang yang diduga ibu korban sedang berusaha mencungkil mata korban dengan mengucapkan bahasa daerah.

2. Polisi Menangkap 4 Pelaku Kekerasan

Pihak Kasat Reskrim Polres Gowa, AKP Boby Rachmans, menjelaskan pihaknya telah menangkap 4 orang pelaku kekerasan yang ternyata anggota keluarga korban.

Pelaku yang ditangkap mulai dari ibu, ayah, paman, dan kakek dari korban. Pelaku memberikan pengakuan berhalusinasi ketika melakukan kekerasan tersebut.

3. Pelaku Sedang Dilakukan Observasi Kejiwaan

Menurut pengakuan Boby, kakek dan juga paman korban telah diobservasi kejiwaan dan langsung ditahan. Namun, kedua orang tuanya belum bisa memberikan keterangan.

Penyidik juga merujuk kedua orang tua korban untuk diobservasi kejiwaan di rumah sakit jiwa di Makassar. 

4. Perlakuan Sadis untuk Pesugihan

Para pelaku melakukan perlakuan sadis tersebut diduga ikut pesugihan dan berhalusinasi setelah melihat ada benda di dalam mata korban. Kemudian, pelaku mencungkil bola mata kanan anaknya dengan memakai dua jari.

“Video itu direkam oleh saksi di lokasi kemudian dari pihak penyidik juga sudah dimintai keterangan. Ini bukan ritual tetapi dari pelaku itu sedang berhalusinasi diduga karena adanya pengaruh ilmu hitam yang diikuti oleh pelaku melakukan pesugihan,” ujar AKP Boby. 

5. Korban Diselamatkan Kerabat

Dalam video yang beredar terlihat korban diselamatkan oleh seorang kerabat yang melakukan upaya pemberhentian kekerasan pada bocah 6 tahun tersebut. Ia pun langsung mengevakuasi korban ke puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit untuk diberikan perawatan.

6. Mata korban Akan Dioperasi

Kini, korban berada di Rumah Sakit Syekh Yusuf untuk menjalani pemeriksaan medis. Sementara itu, kedua mata korban sudah tidak ada perban. Namun, bekas luka yang diakibatkan kekerasan masih membekas.

Mata kanan korban juga masih ada luka dan akan dilakukan operasi oleh pihak dokter. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait