URstyle

6 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan

Anita F. Nasution,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan
Image: Garam hitam himalaya. Sumber: Michelin

Garam hitam memang kurang cukup populer keberadaannya di Indonesia, namun di Indonesia penggunaan garam hitam ini cukup banyak digunakan karena khasiat yang terkandung di dalamnya, Urbanreaders.

Hal ini dikarenakan garam hitam yang merupakan jenis garam batuan vulkanik India yang bersumber dari kaki bukit pegunungan Himalaya ini memiliki manfaat untuk kesehatan seperti kram otot, kembung, dan mulas.

Dilansir dari Boldsky, garam hitam yang memiliki banyak jenis dan warna ini ternyata memiliki khasiat kesehatan lainnya. Berikut beberapa khasiatnya:

1. Mengatur tekanan darah

Memiliki kandungan rendah natrium, garam hitam ini dapat mengatur tekanan darah pada tubuh, Urbanreaders.
Nah, bagi kalian yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menjadikan garam hitam sebagai alternatif pengganti garam dapur yang biasa kalian konsumsi di rumah.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selain untuk mengatur tekanan darah, garam hitam juga disebutkan dapat meningkatkan pencernaan, garam hitam dapat menurunkan beberapa penyakit perut mulai dari sembelit, refluks asam, kembung dan gas.

3. Mencegah kram otot

Manfaat kesehatan lainnya adalah mencegah kram otot. Garam hitam dipercaya memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengatur fungsi otot dan juga meredakan nyeri otot.

Yup, Kalium merupakan mineral yang cukup penting untuk membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kemudian garam hitam yang memiliki kandungan natrium yang rendah tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, Urbanreaders. Natrium dalam garam hitam juga dipercaya mampu mengatur berat badan.

Namun penelitian untuk menfaat yang satu ini masih memerlukan studi lebih lanjut.

5. Dapat mengurangi retensi air

Reterensi air merupakan kelebihan air yang menumpuk di tubuh kita. Hal ini nantinya dapat menyebabkan adanya pembengkakan terutama di bagian perut, kaki dan lengan.

Tidak hanya itu, reterensi air juga dapat menimbulkan kembung, kaku di bagian sendi serta penambahan berat badan, salah satu penyebab masalah kesehatan ini adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam urbanreaders.

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun garam hitam dipercaya dapat menurunkan reterensi air dalam tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Garam hitam yang dipercaya memiliki banyak kandungan mineral ini mampu meningkatkan kesehatan pada kulit serta rambut guys. 

 

 

Komentar
paper plane