beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Perlu Diwaspadai, Ini 5 Makanan yang Tinggi Kandungan Garam

Itha Prabandhani,
12 Juli 2020 21.00.01 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perlu Diwaspadai, Ini 5 Makanan yang Tinggi Kandungan Garam
Image: Freepik

Jakarta - Membatasi asupan garam dalam tubuh adalah salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap stabil sekaligus memelihara kesehatan jantung. Konsumsi garam yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, stroke, gangguan ginjal, dan serangan jantung, guys.

Selain digunakan sebagai bumbu, garam juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Kandungan natrium dan klorida dalam garam, bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, mendukung kinerja dan fungsi saraf, serta mengendalikan kontraksi otot tubuh.

Namun, manfaat garam untuk kesehatan tubuh baru akan terasa kalau kamu mengonsumsi tidak lebih dari 1 sendok teh garam atau setara 1.500 miligram (mg) natrium, setiap harinya. Dengan kata lain, jumlah tersebut adalah kuota maksimal asupan natrium yang bisa kamu konsumsi setiap harinya, guys.

Untuk itu, kamu mesti menghindari kadar natrium berlebih dengan memerhatikan asupan makanan-makanan berikut ini.

Makanan Cepat Saji

Kebanyakan makanan cepat saji mengandung kalori dan natrium yang tinggi. Sebagai contoh, dalam 1 potong pizza atau 1 hamburger ukuran sedang, terkandung 750–950 mg natrium.

1594473667-makanan-cepat-saji.jpgSumber: Freepik

Sementara itu, dalam 1 porsi ayam goreng cepat saji, kadar natriumnya bisa mencapai 2.100 mg. Begitu pula dengan kentang goreng, guys. Makanan yang sering disajikan bersama dengan ayam goreng atau hamburger ini, memiliki kadar lemak dan garam yang tinggi.

Makanan Kaleng

Makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti kornet dan ikan kalengan, juga umumnya mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Rata-rata kandungan natrium pada makanan kalengan ini berkisar antara 200–700 mg per porsi.

1594473696-makanan-kaleng.jpgSumber: Freepik

Selain itu, ikan dan daging olahan, seperti ikan asin, ikan yang diasap, daging ham, sosis, dan berbagai jenis frozen food atau makanan beku lainnya juga termasuk dalam makanan tinggi garam.

Camilan

Camilan yang memiliki rasa asin dan gurih biasanya nagih banget kan, guys? Ini karena komposisi garam dan bumbu lain yang memiliki rasa umami, bikin kamu terus ingin mengonsumsinya.

1594473711-keripik.jpgSumber: Freepik

Contoh camilan yang harus dibatasi konsumsinya adalah keripik kentang, kacang asin, kulit ayam goreng, dan gorengan.

Sereal Instan

1594473690-cereal.jpgSumber: Freepik

Buat kamu yang suka sarapan dengan sereal, kamu perlu tahu bahwa selain mengandung serat yang cukup tinggi, sereal kemasan juga tinggi akan kandungan natrium. Beberapa produk sereal juga banyak mengandung gula, loh.

Saus

1594473706-saus.jpgSumber: Freepik

Kalau kamu suka makan dengan ditemani saus tomat atau saus sambal, hati-hati. Karena, satu sendok teh saus botolan, rata-rata mengandung 300 miligram sodium atau setara dengan 10-15 persen dari asupan maksimal harian. Padahal, nggak mungkin kan, kamu hanya pakai satu sendok teh saus saja?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait