beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

6 Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kintan Lestari,
21 Juni 2022 17.09.30 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Image: Ilustrasi susu. (Pixabay/imoflow)

Jakarta - Banyak produk di rumah yang harganya terjangkau bisa digunakan sebagai bahan untuk mempercantik diri. Sebut saja di antaranya ada teh, kopi, lemon, cuka apel, sampai susu.

Bicara susu, tak hanya baik untuk kesehatan, susu juga baik untuk kecantikan. Bahan ini sering ditemukan dalam kandungan pembersih wajah, sabun mandi, shampoo, serta lotion. Pokoknya kandungan susu sering deh kamu temui di produk perawatan kulit dan rambut.

Memang apa sih manfaat susu untuk kecantikan? Melansir berbagai sumber, berikut 6 manfaat susu untuk kecantikan kulit dan rambut.

1. Mempertahankan Elastisitas Kulit

1625105647-vitamin-kulit-sehat---freepik-lookstudio-(1).jpgSumber: Kulit sehat. (Freepik/Look Studio)

Salah satu bentuk protein yang ada di dalam susu adalah asam amino dan kolagen. Kedua kandungan tersebut membantu membuat kulit jadi kencang dengan menjaga elastisitas kulit.

2. Menguatkan Rambut

1613966714-sisir---freepik-diana.grytsku.jpgSumber: Ilustrasi rambut sehat (Freepik/diana.grytsku)

Salah satu kandungan baik dalam susu adalah protein. Nah, kandungan protein dalam rambut yang disebut keratin penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Kalau jumlah protein dalam tubuhmu rendah, maka dapat membuat rambut jadi lemah, kering dan rapuh dan juga dapat menyebabkan masalah seperti rambut rontok dan membatasi pertumbuhan rambut. 

3. Menghilangkan Sel Kulit Mati

1623980766-eksfoliasi---freepik.jpgSumber: Ilustrasi Eksfoliasi Skincare. (Freepik)

Susu dapat mengelupas sel kulit mati berkat lactic acid (asam laktat) di dalamnya. Selain itu lactic acid juga bekerja merangsang sel baru untuk tubuh. Namun, bagi yang kulitnya sensitif perlu sedikit berhati-hati. Karena lactic acid merupakan salah satu bentuk AHA, sehingga bisa terasa sedikit keras untuk tipe kulit tersebut.

4. Mengatasi Jerawat

1644151903-atasi-jerawat---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi wajah dengan jerawat (Freepik/Beststudio)

Kandungan lactic acid juga bekerja membersihkan pori-pori secara mendalam dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat yang menumpuk di permukaan kulit. Menggunakan susu untuk membersihkan kulit atau sebagai masker wajah dapat membantu mengobati jerawat serta mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat. Hasilnya, kulit bersih dan halus.

5. Melembabkan Kulit

1622165733-diy-pelembap---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Ilustrasi pelembap. (Freepik/valuavitaly)

Kulit kering dapat membuat wajah tampak kusam. Susu dapat membantu mengatasi masalah ini karena ada sifat pelembab yang kuat di dalamnya. Sifat pelembap tersebut memelihara kulit terkelupas dan membuat kamu jadi punya kulit lembut seperti bayi.

6. Membuat Rambut Berkilau

1596951580-rambut-berkilau.jpgSumber: freepik

Susu mengandung nutrisi yang ramah untuk rambut, seperti Vitamin A, B6, biotin dan potasium. Semua nutrisi itu berfungsi untuk menjaga rambut tetap lembut dan berkilau.

Nah itu dia 6 manfaat susu untuk kecantikan kulit dan rambut, Urbanreaders. Kamu bisa cantik kok dengan menggunakan bahan yang mudah didapat seperti susu. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait