Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

6 Penyebab Uban Muncul di Usia Muda

Indi Lusiani,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Penyebab Uban Muncul di Usia Muda
Image: Ilustrasi Orangtua Beruban (Freepik/Freepik)

Jakarta – Tak hanya muncul di usia tua, ternyata rambut beruban juga bisa tumbuh pada usia muda. Banyak orang beranggapan bahwa munculnya uban pada usia muda merupakan efek samping dari sifat mudah marah. Padahal, ada banyak hal lain yang menjadi penyebab beruban di usia muda, lho.  

Nah, bagi Urbanreaders yang tidak menyukai rambut putih atau beruban, sebaiknya kenali dulu nih penyebab uban yang muncul di usia muda.

Berikut penyebab paling umum rambut beruban di usia muda, dikutip dari laman Healthline.

1. Faktor Genetik

1637825333-ilustrasi-beruban.jpgSumber: Ilustrasi Rambut Beruban (siro46/Shutterstock)

Faktor genetika atau keturunan mempunyai peran yang besar terkait pertumbuhan uban. Jika kamu memiliki orangtua atau keturunan yang beruban di usia muda, besar kemungkinan rambut kamu juga memutih lebih cepat dibandingkan sebaya lainnya.

2. Kebiasaan Merokok

1612436731-ilustrasi-rokok.jpgSumber: Ilustrasi berhenti merokok. (Freepik/nensuria)

Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, merokok juga bisa menjadi faktor penyebab tumbuhnya uban di usia muda. Berdasarkan penelitian oleh Italian Dermatology Online Journal, disebutkan bahwa perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi timbul uban sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Selain itu, zat berbahaya di dalam rokok dapat merusak organ tubuh termasuk folikel rambut, sehingga rambut pun beruban.

3. Terlalu Sering Menggunakan Bahan Kimia

1632211471-bleaching.pngSumber: Ilustrasi wanita yang sedang bleaching rambut (Unsplash/Enes Erven)

Rambut beruban juga bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia, seperti cat rambut, obat pelurus rambut, obat pengering rambut, dan lain sebagainya.

Bahkan sampo yang mengandung bahan kimia juga bisa membuat rambut menjadi rusak, seperti bahan kimia hydrogen peroksida. Bahan kimia ini bisa merusak warna rambut hingga membuat rambutmu beruban.

4. Faktor Stres

1609989278-stress.jpgSumber: Ilustrasi stres. (Freepik)

Ubanan di usia muda juga bisa disebabkan karena pengaruh terlalu banyak pikiran, atau seseorang mengalami stress, lho. Hal ini dikarenakan oleh sel-sel yang memproduksi melanin akan hilang ketika terekspos oleh hormon yang menyebabkan stres.

Dmarge mengatakan, kecemasan mengakibatkan banyak masalah rambut. Rambut rontok karena stres dikenal sebagai Telogen effluvium. Ketika rambut tumbuh kembali pigmennya, ini sering kali lebih sedikit daripada aslinya dan berubah menjadi warna putih.

5. Kekurangan Vitamin B12

1637417215-rambut-bercabang.jpgSumber: Ilustrasi rambut bercabang. (Freepik/cookie-studio)

Rambut putih pada usia muda juga bisa menunjukkan kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berperan penting dalam tubuh karena memberimu energi, plus berkontribusi pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat.

Maka dari itu disarankan mencukupi kebutuhan vitamin B12 setiap hari. Kamu bisa mendapatkannya dari konsumsi telur, daging merah, ikan tuna dan salmon.

6. Ada Riwayat Penyakit Autoimun

1600487690-kelola-stres3.jpgSumber: Freepik

Penyebab lain dari munculnya uban lebih awal adalah adanya penyakit autoimun yang menyebabkan kekebalan tubuh justru menyerang sel sehat. Hingga, banyak sistem di dalam tubuh menjadi terganggu.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan imun tubuh justru menyerang sel rambut dan membuat pigmennya berkurang, bahkan menghilang. Sehingga, rambut seseorang menjadi beruban.

Itu tadi beberapa penyebab paling umum rambut beruban di usia muda, semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait