Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

6 Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cepat, Cocok untuk Pemula

Nivita Saldyni,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cepat, Cocok untuk Pemula
Image: Ilustrasi. (Pixabay/Evelyn Chai)

Jakarta - Bahasa Korea adalah bahasa terbanyak ke-20 yang digunakan di dunia saat inil. Berdasarkan data dari Ethnologue tahun 2021, terdapat sekitar 82 juta penutur bahasa Korea di dunia.

Minat orang untuk belajar bahasa Korea sendiri meningkat seiring dengan berkembangnya tren Drama Korea dan KPop. Bahkan orang yang belajar bahasa Korea untuk melanjutkan pendidikan, bekerja, berlibur, atau sekadar ingin memahami percakapan dalam drama maupun lirik lagu yang menggunakan bahasa Korea.

Apakah kamu salah satunya yang ingin belajar bahasa Korea? Nah las banget oh guys karena Urbanasia akan membagikan enam tips untuk para pemula yang ingin jago bahasa Korea dengan belajar sendiri dalam artikel kali ini. Penasaran? Yuk simak enam tips belajar Bahasa Korea dari Urbanasia berikut ini!

1. Kenalan dulu sama Hangul

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam mempelajari bahasa Korea adalah mengenal dan memahami Hangul alias alfabet Korea. Kamu harus menguasai Hangul untuk belajar bahasa Korea, termasuk belajar soal sistem penulisan dan pengucapannya guys.

Hangul sendiri terdiri dari 24 huruf yang terdiri dari 14 konsonan dan 10 vokal. Jika ditambahkan dengan 16 diftong atau konsonan ganda, maka total ada 40 huruf dalam Hangul. Tapi tenang, Hangul dikenal sebagai salah satu alfabet yang cukup mudah untuk dipelajari karena sebagian besar pelafalan setiap hurufnya hampir sama dengan yang tertulis meski ada beberapa pengecualian aturan pelafalan.

Belajar Hangeul juga bisa dilakukan dengan berbagai cara loh. Selain buku, kamu juga bisa belajar lewat YouTube, atau flash card. Setelah bisa membacanya, maka belajarlah untuk menulis Hangul guys.

2. Belajarlah Merangkai Kata dalam Bahasa Korea

Setelah menguasai Hangul, kamu bisa mulai belajar untuk membentuk kosakata. Mulai dari angka (baik Korea maupun Sino-Korea), waktu, nama-nama hari, dan frasa dasar lainnya.

Kamu juga bisa mempelajari frasa dalam percakapan sederhana dan juga kata-kata yang berhubungan dengan hal yang kamu sukai. Seperti misalnya makanan, fashion, dan banyak lagi lainnya.

Pastikan kamu punya buku catatan khusus, ya agar belajar lebih efektif. Sebab dengan menulis tak hanya membantu kamu mengingat kata-kata yang dipelajari, tapi juga melatih kemampuan menulismu.

3. Tonton Drama dan Dengarkan Musik Korea

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait