Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

60 Ibu Hamil Ikut Vaksinasi di RS UB Malang Hari Ini

Shelly Lisdya,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
60 Ibu Hamil Ikut Vaksinasi di RS UB Malang Hari Ini
Image: Vaksinasi bagi ibu hamil yang dilaksanakan di RS UB. (Istimewa)

Malang - Program vaksinasi COVID-19 resmi dilakukan juga untuk ibu hamil secara serentak di Indonesia hari ini, (Kamis, 19/8/2021), tak terkecuali Kota Malang, Jawa Timur.

Di Kota Malang, setidaknya 60 ibu hamil mengikuti vaksinasi yang dilangsungkan di Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RS UB).

Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar COVID-19. Dalam beberapa waktu terakhir, dilaporkan sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif COVID-19 mengalami gejala berat bahkan meninggal dunia.

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Malang, Sutrisno mengatakan, vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil ini sangat penting, mengingat ibu hamil yang rentan terpapar virus.

"Gebyar nasional kali ini ada 60 target ibu hamil yang mendapat vaksin. Ibu hamil memiliki risiko 10 kali lipat terpapar virus corona dan menjadikan kondisi berat, bahkan berisiko kematian. Untuk itu, kami memprioritaskan agar ibu-ibu hamil segera mendapat vaksinasi lebih cepat paling tidak dua kali dosis," ujarnya.

Vaksin Sinovac menjadi jenis vaksin yang diberikan kepada ibu hamil rentang usia kehamilan 13 sampai 33 minggu. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kondisi ibu hamil lebih rentan terpapar virus corona.

Sama halnya dengan vaksinasi bagi masyarakat umum, sebelum disuntik, ibu hamil juga harus menjalani serentetan skrining kesehatan. Hal ini guna memastikan kondisi ibu benar-benar sehat dan diperbolehkan untuk divaksin.

"Kalau di bawah usia kehamilan 13 minggu, janin masih masa pertumbuhan. Jadi, direkomendasikan di usia kehamilan minimal 13 minggu harapannya agar pertumbuhan organ janin tidak terganggu," jelas Sutrisno.

1629367946-Vaksinasi-bagi-ibu-hamil-yang-dilaksanakan-di-RS-UB.-(Istimewa)-1.jpgSumber: Vaksinasi bagi ibu hamil yang dilaksanakan di RS UB. (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Husnul Muarif menambahkan, vaksinasi bagi ibu hamil yang serentak dilakukan secara nasional ini dilangsungkan di beberapa wilayah Indonesia. Untuk Jawa Timur, dilakukan di Surabaya dan Kota Malang.

"Di Jawa Timur itu Surabaya dan Kota Malang. Inisiasi yang dilaksanakan di RS UB ini kami sambut baik dan support sepenuhnya," terangnya.

Ke depannya, vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil juga akan dilakukan di tiap puskesmas di Kota Malang. Husnul pun berharap, dengan vaksinasi ini kekebalan tubuh

"Ada dua dosis dan kami berharap kekebalan daya tahan tubuh, imunitas ibu hamil bisa meningkat. Setelah vaksinasi, saya berpesan untuk jangan tinggalkan prokes, masker tetap menjadi perhatian bersama," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait