beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Bahan Alami Anti Aging untuk Lawan Penuaan Dini

Itha Prabandhani,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Bahan Alami Anti Aging untuk Lawan Penuaan Dini
Image: Ilustrasi perawatan wajah double cleansing (Freepik/senivpetro)

Jakarta - Perawatan anti aging, nggak cuma dilakukan saat kamu udah berusia 40 atau 50an, guys. Menjaga keremajaan kulit sejak dini akan memberi manfaat positif buat kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Cara merawat dan mempertahankan keremajaan kulit nggak harus dengan rangkaian skincare yang mahal, guys. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman dan tidak memiliki kandungan bahan kimia.

Kuncinya, konsumsilah makanan yang tinggi antioksidan, tidak mengandung lemak tak jenuh, cukupi nutrisi, serta jaga asupan air putih.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi sebagai perawatan anti aging. Simak ulasan selengkapnya, ya?

1.  Selada Air

1626316046-Selada.jpgSumber: Selada/Pixabaybymoerschi

Mungkin kamu biasa menikmati selada sebagai lalapan, salad, atau isian burger. Tapi tahukah kamu bahwa ada jenis selada lain yaitu selada air.

Tanaman ini memiliki ukuran daun lebih kecil dan berwarna hijau tua. Tak hanya bisa dinikmati, selada air juga tinggi kandungan antioksidan. Selain itu, selada air juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

2. Paprika Merah

1626316163-Paprikamerah.jpgSumber: Paprika Merah/Pixabay

Bahan alami kedua yang kaya antioksidan adalah paprika merah. Paprika merah mengandung antioksidan yang disebut dengan karotenoid, yang membuatnya memiliki warna merah cerah.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam paprika merah juga baik untuk merangsang pertumbuhan kolagen yang akan membuat kulitmu jauh dari penuaan dini.

3. Pepaya

1618964716-face-scrub-pepaya---freepik-haritanita-.jpgSumber: Face scrub pepaya. (Freepik/haritanita)

Buah pepaya nggak cuma menyegarkan, namun juga tinggi kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral, yang akan menjaga elastisitas kulitmu.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan eksfoliasi alami. Dengan bantuan enzim ini, sel-sel kulit mati akan terkelupas, sehingga kulitmu tampak lebih cerah dan sehat.

4.       Bluberi

1626316310-Blueberi.jpgSumber: Blueberi/Pixabay by Comfreak

Bluberi kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan yang disebut antosianin. Zat inilah yang membuat bluberi memiliki warna biru yang cantik. Antosianin akan membantu melindungi kulit kamu dari efek buruk sinar matahari dan polusi, serta membantu produksi kolagen di dalam kulit.

5.       Brokoli

1591867939-brokoli.jpgSumber: Freepik

Hayo siapa yang nggak suka makan brokoli? Sayuran hijau yang satu ini memiliki banyak manfaat nggak hanya buat kesehatan tubuh, guys. Karenanya, yuk konsumsi brokoli biar kulitmu juga lebih sehat dan awet muda.

Brokoli banyak mengandung vitamin C, vitamin K, serat, kalsium, dan juga folat. Selain itu, brokoli juga mengandung lutein yang bagus buat mempertahankan daya ingat otak, loh.

6.       Alpukat

1619141693-alpukat---freepik-jcomp.jpgSumber: Alpukat/Freepik by JComp

Alpukat memiliki kandungan antiinflamasi serta asam lemak yang akan menjaga kulit kamu tetap kenyal dan halus. Selain itu, kandungan vitamin K, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya, akan membantu melawan penuaan dini pada kulit kamu.

7.       Ubi Jalar

1626316562-ubi-jalar.jpgSumber: Ubi jalar/pixabayIvabalk

Lagi pengen ngemil? Kamu bisa ngemil sehat dengan makanan satu ini, guys. Ubi jalar tak hanya enak buat dinikmati saat ngeteh sore, tapi juga kaya akan vitamin A dan beta karoten yang akan mengembalikan elastisitas kulitmu. Hasilnya, kulit pun akan terlihat lebih halus, awet muda, dan glowing.

Yuk, siap- siap bikin menu harian dengan bahan-bahan tersebut!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait