beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Gejala Ini Tandakan Kamu Harus Pergi ke Psikiater

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Gejala Ini Tandakan Kamu Harus Pergi ke Psikiater
Image: Freepik/prostooleh

Jakarta – Urbanreaders, masalah kesehatan mental kerap tidak disadari oleh sejumlah orang. Pasalnya, masih ada dari mereka yang belum mengetahui gejala yang timbul bila mengalami kondisi ini. 

Meskipun isu kesehetan mental kini kerap dibicarakan, namun masih ada dari mereka yang menahan diri untuk mencari bantuan dan menganggap hal tersebut sebagai masalah biasa. Padahal, kondisi ini bisa membahayakan diri sendiri. 

Melansir situs Running in Triangles, berikut tujuh tanda kamu, atau orang-orang di sekelilingmu, membutuhkan bantuan psikiater.

1. Tidak Mampu Mengendalikan Emosi

Ilustrasi orang sedihSumber: Freepik/jcomp

Setiap orang pastinya memiliki perasaan marah, sedih, ataupun kesal. Memang, hal itu wajar dalam dirasakan ya, Urbanreaders. Namun, pada beberapa kasus tertentu perasaan-perasaan itu juga menunjukkan bahwa mereka bisa merasakan emosi berlebihan hingga tidak bisa dikontrol.

Jika kondisi ini terjadi pada diri kamu, maka segera lah berkonsultasi dengan psikiater untuk mendapatkan perawatan, ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah masalah lain muncul.  

2. Pola Tidur Berantakan

Ilustrasi orang sulit tidurSumber: Freepik/jcomp

Pada umumnya, orang dengan masalah kesehatan mental akan mengalami kesulitan tidur, nih. Kondisi ini bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam sampai kamu merasa waktu istirahatmu berkurang. 

Kurangnya waktu tidur dapat memicu kesulitan untuk mengontrol emosi. Karena itu, konsultasikan dengan psikiater agar kamu dapat segera kembali sehat sepenuhnya, ya.

3. Penyalahgunaan Obat-obatan

ObatSumber: Freepik/alexlypa

Jika kamu merasa kecanduan alkohol, atau bahkan narkoba, untuk membantu mengatasi rasa sakit, itu tandanya kamu harus ke psikiater. 

Segera lakukan terapi dan dapatkan perawatan untuk mengatasi depresi. Hal ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit yang ada pada hati dan pikiran kamu.

4. Perubahan di Sekolah atau Prestasi Kerja

Tanda selanjutnya kamu, atau orang-orang di sekelilingmu, perlu ke psikiater adalah saat kamu tiba-tiba sering bolos kelas dan sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu.

Kondisi ini menunjukkan adanya masalah pada diri kamu. Karena itu, konsultasikan dengan psikiater jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait