menu
user
URstyle

7 Kebiasaan Mandi yang Berdampak Buruk Buat Kamu

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Kebiasaan Mandi yang Berdampak Buruk Buat Kamu
Image: Freepik

Jakarta - Mandi telah menjadi bagian dari aktivitas harian kita. Karena itu, mungkin kita jarang memperhatikan ‘cara mandi yang benar’ karena sudah sangat terbiasa dengan aktivitas yang satu ini.

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada loh kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang tanpa disadari sering kita lakukan saat mandi. Nggak cuma bikin kulit jadi kusam, cara mandi yang salah ini juga bisa jadi penyebab utama datangnya penyakit.

Dilansir dari Webmd, ini dia 7 kebiasaan mandi yang bisa berdampak buruk buat kamu. Apakah kamu juga sering melakukannya? Yuk, simak bareng-bareng!

1. Bercukur Sebelum Mandi

1611714780-ilustrasi-cukur-bulu-kemaluan.jpgSumber: Ilustrasi menghilangkan bulu kemaluan. (Freepik/doucefleur)

Mencukur bulu kaki, ketiak, atau kumis, tepat sebelum mandi bisa bikin pori-pori kulit terbuka lebar. Akibatnya, kulit kamu jadi kering dan kusam. Lebih baik, lakukan kegiatan cukur-mencukur setelah mandi, supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Menggunakan Sabun yang Salah

1596078409-sabun-cair.jpgSumber: Ilustrasi sabun (Freepik)

Sabun antibakteri memang dapat membunuh kuman-kuman di tubuh kamu. Tapi sayangnya, bakteri baik pun juga bisa ikut mati dengan penggunaan sabun ini. Karena itu, lebih baik kamu menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembap, agar kulit kamu tetap sehat dan bebas iritasi.

3. Menggunakan Handuk Basah

1595645549-gunakan-handuk.jpgSumber: Ilustrasi handuk (Freepik)

Handuk yang basah atau lembap dapat menjadi sarang bakteri, jamur, dan virus. Menggunakan handuk basah atau lembap untuk mengeringkan tubuh sesudah mandi, sama saja memindahkan penyakit ke kulitmu. Karena itu, gunakan handuk yang kering dan bersih sesudah mandi. Selain itu, cuci handuk kamu 3 hari sekali.

4. Tidak Pernah Membersihkan Shower Puff

1613660098-shower-puff---freepik.jpgSumber: Ilustrasi shower puff. (Freepik)

Shower puff yang kamu gunakan untuk mandi dapat menyimpan bakteri dan sel-sel kulit mati. Karena itu, kamu perlu membersihkan shower puff dengan cara merendamnya pada cairan bleaching selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan pembersihan ini seminggu sekali.

5. Menggosok Kulit dengan Keras

1594462566-jangan-mandi-terlalu-lama.jpgSumber: Ilustrasi mandi (Freepik)

Mungkin kamu beranggapan bahwa satu cara untuk membuat kulit mulus dan halus adalah dengan menggosoknya dengan keras dan lama. Padahal, cara ini nggak sepenuhnya benar, guys. Menggosok kulit dengan keras justru bisa menyebabkan kulit (terutama kulit wajah) menjadi kering, kusam, dan iritasi.

6. Mandi dengan Air Hangat Terlalu Lama

1598266104-pixabay-mandi.jpgSumber: Ilustrasi mandi. (Pixabay/StockSnap)

Mandi dengan air hangat memang nyaman banget, apalagi selama musim hujan. Namun, air hangat dapat membuat kelembapan alami kulit hilang sehingga kulit kamu kering dan kusam. Karena itu, batasi lamanya mandi dengan air hangat sampai maksimal 10 menit.

7. Keramas Terlalu Sering

1603370795-keramas.jpgSumber: Ilustrasi keramas. (Freepik)

Keramas akan menghilangkan kelembapan alami rambut dan kulit kepala. Karena itu, kamu tidak dianjurkan untuk keramas terlalu sering, kecuali kulit kepalamu sangat berminyak. Selain itu, jangan lupa gunakan conditioner setiap kali sehabis keramas, agar kelembapan dan kelembutan rambutmu tetap terjaga.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait