Hot News
URstyle

Kenali Manfaat Berbeda dari Sabun Cair, Shower Gel, dan Sabun Batangan

Itha Prabandhani,
30 Juli 2020
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali Manfaat Berbeda dari Sabun Cair, Shower Gel, dan Sabun Batangan
Image: Freepik

Jakarta - Banyaknya varian produk perawatan kulit seperti sabun mandi, memang bisa bikin bingung ya, guys? Selain menawarkan keharuman berbeda, sabun mandi juga hadir dalam bentuk dan tekstur yang berbeda.

Di pasaran, kamu akan banyak menjumpai berbagai merek sabun mandi yang berbentuk batangan, cair, maupun gel. Tapi, perbedaan tekstur ini bukannya tanpa tujuan, guys.

Berbeda jenis dan tekstur sabun, bakal memberikan efek yang berbeda juga buat kulit kamu loh, guys. Nggak hanya masalah kebersihan dan keharumannya, jenis sabun yang berbeda juga akan memengaruhi kesehatan kulit kamu.

Biar kamu bisa pilih jenis sabun yang cocok buat kulitmu, yuk kenali manfaatnya satu per satu, guys!

Sabun Cair

1596078409-sabun-cair.jpgSumber: Freepik

Sabun cair diciptakan dengan formula yang lebih ringan dan lembut. Karena itu, buat kamu yang memiliki kulit normal cenderung kering, sabun cair adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan mandi kamu sehari-hari.

Selain itu, sabun cair dinilai lebih higienis karena tidak menyentuh kulit penggunanya, saat digunakan bersamaan dengan orang lain. Sabun cair lebih mudah untuk terhindar dari penumpukan bakteri, karena tersimpan dalam kemasan dan tidak tersentuh siapapun yang memakainya. Jadi, jenis sabun ini aman buat kamu yang gampang memiliki masalah kulit.

Shower Gel

1596078437-shower-gel.jpgSumber: Freepik

Mirip dengan sabun cair, shower gel juga dibuat dengan formula yang lembut dan ringan, namun teksturnya lebih kental. Shower gel memiliki konsistensi yang lebih pekat seperti gel dan biasanya memiliki keharuman yang lebih intens.

Shower gel juga dapat memberikan efek kelembapan yang lebih, sehingga cocok buat kamu yang memiliki kulit sangat kering. Dari sisi kebersihannya, shower gel juga dinilai lebih higienis karena dikemas dalam botol tertutup yang tidak tersentuh pemakainya.

Sabun Batangan

1596078467-sabun-batangan.jpgSumber: Freepik

Sabun batangan bersifat lebih keras daripada sabun cair dan shower gel. Kandungan yang terdapat di dalamnya dapat menghilangkan lipid dan protein penting serta mengubah tingkat pH kulit. Sabun jenis ini cocok buat kamu yang habis beraktivitas di luar ruangan dan terpapar dengan debu, atau banyak mengeluarkan keringat seperti sehabis berolahraga.

Karena kandungannya yang kuat, sabun batangan bisa memberikan manfaat kebersihan yang maksimal saat tubuh kamu memerlukannya. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah faktor kebersihannya.

Penggunaan sabun batangan secara bersamaan dapat meningkatkan risiko penumpukan bakteri karena disentuh oleh banyak pengguna. Karena itu, sesudah memakainya, kamu disarankan untuk membersihkan permukaan sabun batangan dengan air mengalir.

Jika tidak, penumpukan bakteri bisa mengakibatkan gangguan kulit seperti gatal-gatal atau iritasi, terutama buat kamu yang berkulit sensitif.

 


Loading ..