menu
user
URguide

7 Kesalahan dalam Hubungan yang Biasa Dilakukan Pasangan Muda

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Kesalahan dalam Hubungan yang Biasa Dilakukan Pasangan Muda
Image: Ilustrasi pasangan (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Hubungan pasangan muda biasanya berapi-api, penuh dengan gairah, spontan, dan lebih banyak mengikuti emosi ketimbang logika. Percintaan inilah yang biasanya paling berkesan dan penuh dengan semangat.

Saking semangatnya, tak jarang pasangan muda nggak sadar telah melakukan hal-hal yang berpotensi untuk membahayakan hubungannya di masa depan.

Berikut beberapa kesalahan yang mesti dihindari kalau kamu ingin menjalin hubungan serius. Di antaranya:

1. Kurang Mendengarkan Pasangan

1604972271-ekspektasi-pada-pasangan5.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik)

Pasangan yang solid akan selalu mendengarkan satu sama lain. Seimbangkan komunikasi antara kapan kamu mesti meminta atau menuntut, dan kapan mesti mendengarkan keluhan uneg-uneg, maupun keinginan pasangan. Begitu pula saat kalian lagi bertengkar, berikan kesempatan pada pasangan untuk memberi penjelasan dan mengemukakan pendapatnya.

2. Bersaing dengan Pasangan

1599096130-hubungan-dewasa2.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik)

Menjadi yang terbaik adalah hal yang umumnya diinginkan banyak orang. Untuk menjadi yang nomor satu, orang berlomba-lomba untuk meraih kesuksesan, mengejar karier, maupun mencapai target yang lebih tinggi lagi.

Tapi, bersaing dengan pasangan dan menganggapnya sebagai kompetitor, bisa membuat hubungan kalian nggak sehat, guys. Pasangan semestinya saling mendukung dan bukan saling mengalahkan.

3. Nggak Mau Terus Terang

1602844769-tips-hadapi-pacar-trauma.jpgSumber: Ilustrasi pasangan. (Freepik)

Kejujuran dan terus terang adalah salah satu kunci keberhasilan hubungan jangka panjang. Namun, nggak jarang kita mesti menahan diri untuk tidak mengucapkan hal-hal yang mungkin akan menyakiti pasangan, meskipun itu adalah kejujuran. 

Tidak mau berterus terang dengan apa yang kita pikirkan dan rasakan, bakal jadi bom waktu yang tidak hanya akan menyakiti pasangan, namun juga merugikan diri kamu sendiri.

4. Berbohong

1605748553-bohong.jpgSumber: Ilustrasi berbohong (Freepik)

Sebelas dua belas sama nggak mau terus terang, berbohong pada pasangan juga hanya akan menimbulkan masalah yang lebih besar di kemudian hari. Meski terkadang kita harus menyembunyikan kebenaran untuk menjaga perasaan pasangan, kebohongan tetaplah kebohongan.

Jika pasangan kamu tahu kebenarannya suatu hari nanti, dia akan kehilangan kepercayaannya padamu.

5. Menjadikan Pasangan sebagai Pelampiasan

1615013330-pelampiasan---freepik-yanayla.jpgSumber: Ilustrasi pelampiasan pasangan (Freepik/yanayla)

Nggak sedikit orang yang menjalin hubungan dengan orang baru, sesaat setelah putus hubungan. Alasannya, ingin mencari orang yang dapat membantu menyembuhkan luka hatinya. Namun, hubungan yang dimulai dengan situasi seperti ini, biasanya hanya akan menjadi pelampiasan atau pelarian, yang nantinya akan menyakiti si pacar baru.

6. Sulit Keluar dari Hubungan Toxic

1614144420-pexels-photo-3812745.jpeg-toxic-people-pixabay-by-Andrea-Piacquadio.jpegSumber: Ilustrasi toxic people. (Pixabay/ Andrea Piacquadio)

Meski sadar bahwa hubungannya nggak sehat dan pasangan tidak memperlakukannya dengan baik, mengakhiri sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah. Perang batin antara bertahan atau kehilangan orang yang disayangi, seringkali bikin kamu merasa bingung untuk membuat keputusan. Akhirnya, hanya stagnan dalam situasi yang buruk.

7. Mempermasalahkan Hal Sepele

1594259570-penyebab-bertengkar.jpgSumber: Ilustrasi bertengkar sama pacar. (Freepik)

Kalau kamu dan pasangan ingin menjalin hubungan yang mengarah ke pernikahan, sebaiknya mulai sekarang kalian berhenti mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Berfokuslah pada hal yang lebih mendasar yang akan menjadi pondasi kuat pernikahan seperti komitmen, tanggung jawab, dan kemampuan mengatasi masalah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait