menu
user

Jakarta - Sebuah hubungan memang dijalani oleh dua orang yang saling mencintai. Namun kita tak boleh lupa, selain cinta dari pasangan kita juga butuh restu dari keluarga, khususnya orang tua agar hubungan berjalan dengan baik.

Sayangnya, mendapatkan restu orang tua bukanlah perkara yang mudah. Tak sedikit pasangan yang gagal melangkah ke jenjang yang lebih serius karena terhalang restu orang tua.

Banyak alasan yang melatarbelakangi permasalahan tersebut, mulai dari perbedaan keyakinan, budaya, hingga ekonomi.

Lalu, haruskah kita menyerah? Atau akankah bertahan dan berjuang adalah cara yang tepat? Nah, berikut tipsnya untuk kamu, Urbanreaders!  

1. Tanyakan Alasan Orang Tua

1610678703-alasan-jomblo6.jpgSumber: Freepik

Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anak mereka. Tak diberikannya restu kepada sang anak untuk menjalin hubungan, tentu ada alasannya. Nah, gak ada salahnya tuh kalau kamu mencoba untuk membicarakan hal tersebut bersama mereka.

Tanyakan secara baik-baik dengan kepala dingin alasan orang tua tak memberikan restunya. Ingat, memperhatikan situasi dan kondisi orang tua juga penting loh. Sehingga kamu bisa mengajak orang tuamu berbicara saat waktu yang tepat.  

Jangan lupa, tahan emosimu saat berbicara dengan orang tua. Jernihkan pikiran dan berbicara dengan hati yang tenang. Saat orang tua menyampaikan pendapatnya, dengarkan dengan baik dan ingat-ingat poin yang disampaikan untuk bahan evaluasi diri bersama pasangan.


2. Diskusi dengan Pacar

1594431836-nasihat-cinta.jpgSumber: Freepik

Saat kamu sudah tahu alasan orang tua tak merestui hubunganmu dan pacar, ceritakan secara baik-baik mengapa orang tuamu tak merestui hubungan kalian. Ajak pacarmu mengubah stigma negatif tersebut.

Kalau doi setuju, tentu jadi hal yang bagus. Kamu bisa bersama-sama mulai untuk memperbaiki kekurangan bersama pasangan agar mendapatkan restu orang tua. Nah, sisanya tinggal bersabar dan menunggu waktu yang tepat untuk kembali meyakinkan orang tuamu.


3. Ceritakan Kebaikan Pacar ke Orang Tua

1608289146-tipe-ibu-mertua7.jpgSumber: Freepik

Mana ada sih orang tua yang tak luluh kalau ada orang yang menunjukkan keseriusan dan kebaikannya kepada sang anak? Nah, cara ini bisa kamu coba juga guys.

Cobalah ceritakan kebaikan dan keseriusan pasanganmu untuk meyakinkan orang tua bahwa hubungan kalian tak main-main. Kalau perlu buktikan!

Misalnya, coba kamu tunjukkan cincin pemberian doi ke orang tuamu. Kamu ceritakan bahwa cincin itu adalah bukti keseriusannya menjalani hubungan bersama kamu.


4. Bawa Pacar ke Acara Keluarga

1608289159-tipe-ibu-mertua.jpgSumber: Freepik

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah membawa pasanganmu ke acara keluarga. Yah cara ini memang sedikit berisiko dan butuh keberanian dan kekuatan mental yang besar. Sebab bisa dipastikan orang tuamu bakal memperlihatkan sikap cuek dan tak acuh dengan kehadiran doi.

Tapi tenang, jangan menyerah, tetap bersikap ramah dan terus tebar senyuman. Buat seluruh anggota keluarga yang hadir terkesan. Nah dari situ, bisa jadi kerabatmu yang lain secara tak langsung membantu kamu.

Bisa jadi om atau tantemu mempengaruhi orang tuamu agar mau merestui hubungan kalian? Bisa saja, bukan? Jadi gak ada salahnya untuk mencoba dan tetap semangat!

Komentar
paper plane