menu
user
URstyle

7 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau buat Kesehatan

Itha Prabandhani,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau buat Kesehatan
Image: Manfaat air kelapa hijau. Sumber: Freepik

Tak hanya nikmat dan menyegarkan untuk diminum saat cuaca panas, air kelapa muda terutama kelapa muda hijau memiliki berbagai manfaat buat kesehatan tubuh, guys.

Air kelapa hijau mengandung karbohidrat, vitamin C, mineral, vitamin B kompleks, dan mineral, yang dapat membantu menghilangkan dehidrasi, menetralisir racun, dan mengatasi diare.

Khasiat air kelapa muda hijau telah dikenal secara turun temurun sebagai salah satu minuman herbal yang menyehatkan. Berikut sederet manfaat minum air kelapa muda hijau yang dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Diare

Masalah pencernaan seperti diare dapat diredakan dengan minum air kelapa muda hijau. Saat mengalami diare, tubuh akan banyak kehilangan cairan. Dengan mengonsumsi air kelapa muda hijau, cairan elektrolit dan natrium dalam tubuh dapat tergantikan, sehingga menghindarkan kamu dari dehidrasi dan lemas.

2. Mengatasi Dehidrasi

1616820511-manfaat-air-kelapa-hijau---freepik-galitskaya.jpgSumber: Manfaat air kelapa hijau. Sumber: Freepik

Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda hijau yang tinggi, dapat menjadi pengganti air minum biasa saat kamu mengalami dehidrasi. Selain itu, air kelapa hijau juga dapat berfungsi sebagai minuman isotonik penambah energi.

3. Mencegah Batu Ginjal

Meski belum didukung penelitian resmi oleh para ahli, air kelapa muda hijau dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal. Kandungan dalam air kelapa muda hijau membantu mencegah kristalisasi dalam ginjal yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Bahkan, konon air kelapa muda hijau juga dapat menghancurkan batu ginjal berukuran kecil, jika diminum secara rutin.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Air kelapa mengandung banyak magnesium, yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi insulin sehingga mengurangi kadar gula darah. Air kelapa muda hijau juga dipercaya dapat memperlancar peredaran darah, hingga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan membuat badan lebih segar dan sehat.

5. Meningkatkan Imunitas

1616820531-manfaat-air-kelapa-hijau---freepik-prostooleh.jpgSumber: Manfaat air kelapa hijau. Sumber: Freepik

Air kelapa muda hijau mengandung asam laurat yaitu zat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Asam laurat ini dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap ancaman penyakit. Bahkan, ibu hamil yang rutin mengonsumsi air kelapa muda hijau, dapat membantu bayinya memiliki sistem imun yang kuat ketika lahir.

6. Melawan Kolesterol

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Medicinal Food, air kelapa juga disebut memiliki manfaat melawan kolesterol jahat, yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Selain itu, kandungan elektrolit, magnesium, dan potasiumnya, dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan lemak pada hati, serta menjaga kesehatan jantung.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Infeksi

1616820539-manfaat-air-kelapa-hijau---freepik.jpgSumber: Manfaat air kelapa hijau. Sumber: Freepik

Air kelapa muda hijau memiliki kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zinc, tembaga, mangan, dan selenium. Kandungan tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit infeksi.

Meski punya sederet manfaat buat kesehatan, konsumsi air kelapa muda hijau juga tak boleh berlebihan, guys. Pasalnya, air kelapa muda hijau juga memiliki kandungan kalium tinggi, yang dapat mengganggu kesehatan ginjal, apalagi jika ginjalmu sudah bermasalah.

Selain itu, air kelapa hijau dapat menurunkan tekanan darah, karena itu jika kamu memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsinya. Air kelapa muda hijau juga memiliki efek tertentu pada beberapa orang seperti merasakan dada berdebar, sakit perut, dan lemas.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait