menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

7 Persiapan untuk Sambut Ramadan

Itha Prabandhani,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Persiapan untuk Sambut Ramadan
Image: Ibadah sambut ramadan. Sumber: Freepik

Bulan suci Ramadan udah di depan mata nih, guys. Apakah kamu sudah siap untuk menjalankan salah satu rukun Islam ini?

Biar kamu bisa menjalankan ibadah dengan maksimal, yuk persiapkan bulan puasa dengan sepenuh hati. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar ibadah dan kesibukanmu bisa berjalan lancar.

1. Ubah Waktu Kerja

1618228572-ubah-waktu-kerja---freepik-bunditinay.jpgSumber: Ubah waktu kerja saat puasa. Sumber: Freepik

Buat kamu yang tidak 100% WFH atau bekerja dari rumah, kamu bisa menyesuaikan jam kerja pada waktu yang paling produktif. Jika memungkinkan, komunikasikan pada tim kerjamu untuk memulai pekerjaan lebih awal, sehingga kamu pun bisa selesai lebih cepat.

Pagi hingga siang hari biasanya adalah waktu paling produktif untuk bekerja, karena pada sore hari energimu akan mulai berkurang. Selain untuk memaksimalkan produktivitas, selesai bekerja lebih awal akan memberimu cukup waktu untuk menyiapkan buka puasa.

2. Maksimalkan WFH

1618228584-wfh---freepik.jpgSumber: WFH saat puasa. Sumber: Freepik

Sebaliknya, jika kamu memiliki opsi untuk bekerja dari rumah, cobalah untuk memaksimalkan WFH. Kamu bisa memindahkan semua pekerjaan ke penyimpanan di awal dan juga mengganti rapat tatap muka dengan online. Dengan begitu, kamu tetap bisa bekerja seperti biasa, tanpa harus melakukan perjalanan keluar rumah. Apalagi jika tempat tinggalmu cukup jauh dari kantor.

Dengan bekerja dari rumah, kamu bisa mengatur waktu kerjamu lebih fleksibel sembari memasak untuk buka puasa. Bonusnya, kamu bisa siesta sejenak, jika kantuk dan lelah mulai menyerang.

3. Menyiapkan Zakat

1618228595-zakat---freepik-lovelyday12.jpgSumber: Bayar zakat. Sumber: Freepik

Mulailah untuk menghitung jumlah zakat dari penghasilan yang kamu dapatkan. Sisihkan dalam tabungan secara khusus, sehingga zakat siap untuk dibayarkan pada waktunya. Jika memungkinkan, siapkan juga infak dan sedekah untuk membantu mereka yang membutuhkan.

4. Pastikan Stok Makanan  

1618228555-stok-makanan---freepik-8photo.jpgSumber: Kurma. Sumber: Freepik

Mumpung masih di awal bulan, pastikan stok makanan dan kebutuhan pokok di rumah cukup. Dengan begitu, kamu nggak harus banyak keluar rumah untuk berbelanja.

5. Cek Perlengkapan Ibadah

1618228520-perlengkapan-ibadah---freepik-jaynothing.jpgSumber: Beribadah. Sumber: Freepik

Di bulan suci ini, frekuensi beribadah biasanya lebih banyak daripada biasanya. Karena itu, cek perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung, mukena, dan peci. Pastikan kamu punya cukup cadangan jika perlengkapan ibadah mulai kotor dan perlu dicuci.

6. Jaga Kondisi dan Tetap Utamakan Prokes

1618228528-prokes---freepik-h9images.jpgSumber: Baca quran. Sumber: Freepik

Saat puasa, imun tubuh mungkin akan menurun. Karena itu, tetap jaga kondisi dengan asupan makanan yang bergizi seimbang. Jika perlu, tambahkan multivitamin saat buka puasa atau sahur. Karena kita masih dalam kondisi pandemi, jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan ya, guys? Terutama jika kamu ingin beribadah di tempat ibadah.

7. Bikin Daftar Menu Buka dan Sahur

1618228508-menu-buka-puasa---freepik.jpgSumber: Berbuka puasa. Sumber: Freepik

Biar nggak kelabakan, buatlah daftar menu untuk berbuka puasa dan sahur selama sebulan. Lalu, sesuaikan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan dengan daftar menu tersebut. Kalau kamu nggak ada ide, stay tune dengan menu-menu buka puasa dan sahur yang direkomendasikan Urbanasia.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait