beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

7 Soft Skills untuk Hadapi Dinamika Masa Depan

Elya Berliana Prastiti,
16 November 2022 13.19.54 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Soft Skills untuk Hadapi Dinamika Masa Depan
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Pandemi Covid-19 di Indonesia selama lebih dari dua tahun, telah memberikan pembelajaran berharga bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Perubahan drastis terjadi di berbagai sektor dan masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan cepat, membuka pikiran, dan menjawab tantangan.

Kemunculan Covid-19 juga mengajarkan hidup untuk saling peduli dan berempati serta melahirkan ide-ide kreatif baru. Oleh karena itu, Beswan Djarum kembali menghadirkan pelatihan Nation Building dengan tema ‘Merajut Asa, Bangkitkan Harapan’.

Pelatihan bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak muda bisa terus mewujudkan mimpi, harapan, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dalam dinamika kehidupan yang beragam.

“Djarum Foundation melalui pelatihan soft skills, Nation Building, ingin mengajak masyarakat Indonesia, terutama generasi muda sebagai tonggak negara, dapat merespons secara positif dan melakukan sesuatu yang memberikan dampak baik bagi orang-orang sekitarnya,” kata Program Manager Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Abraham Delta Oktaviari, dalam keterangan yang diterima Urbanasia, Rabu (16/11/2022).  

Bakti Pendidikan Djarum Foundation secara konsisten memberikan pelatihan soft skill Nation Building untuk menguatkan wawasan kebangsaan para Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) mengenai makna serta hakikat bangsa dan kebangsaan.

Dengan adanya pelatihan soft skills ini, para Beswan Djarum diharapkan bisa belajar mengenali diri sendiri, merangsang kepedulian dan keingintahuan terhadap lingkungan sekitar, serta mendorong agar memiliki kesadaran terkait pentingnya kemampuan adaptif, berpikir kreatif, dan inovatif.

Selain itu, memiliki empati terhadap orang lain untuk menciptakan sinergi dan bekerja sama agar mencapai hasil yang optimal.

Berikut 7 elemen penting yang harus dimiliki diri sendiri untuk menjadi manusia yang berkembang, menurut Prof. Rhenald Kasali bersama Beswan Djarum.

1. Self discipline

Disiplin atas kesadaran diri sendiri bukan paksaan. Melakukan segala sesuatu dengan disiplin yang dimulai dari diri sendiri, bukan karena dipaksa oleh orang lain.

2. Growth mindset

Orang yang bertumbuh merupakan orang yang senang saat menghadapi tantangan. Ketika menghadapi kesulitan, jangan menyerah dan rela berkorban untuk sesuatu yang diyakini benar dan akan berhasil.

3. Risk taker

Berani mengambil risiko terhadap keputusan yang diambil. Sebab, mereka yang tidak berani mengambil risiko justru akan sangat berisiko.

4. Critical thinking

Banyaknya berita bohong (hoaks) yang beredar di masyarakat, membuat kita harus bisa berpikir kritis. Generasi muda harus kritis dalam mempelajari dan memahami berita serta informasi. Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumber beritanya.

5. Creative thinking

Ketika dihadapkan pada situasi yang sulit seperti pandemi Covid-19, generasi muda perlu berpikir kreatif. Pandemi telah melahirkan berbagai terobosan baru dan ledakan ekonomi kreatif.

6. Simple power of simplicity

Jadilah orang hebat atau orang pintar yang bisa membuat hal rumit menjadi sederhana. Sebab, kemampuan untuk menyederhanakan suatu hal itu penting.

7. Play to win

Berusaha menjadi pemenang dalam ‘permainan’. Namun, tidak harus selalu menang. Berikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi pemenang, karena pemenang adalah orang yang bisa menerima kekalahan dengan hati terbuka.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait