beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

8 Manfaat Hobi Berbicara di Depan Umum, Bikin Karier Berkembang!

Annisa Tiara Jelita,
10 November 2022 16.52.41 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Manfaat Hobi Berbicara di Depan Umum, Bikin Karier Berkembang!
Image: Ilustrasi berbicara di depan umum. (PIXABAY/rocheartist)

Jakarta - Berbicara di depan umum adalah suatu hal yang belum tentu bisa dilakukan oleh setiap orang. Tetapi, jika Urbanreaders bisa melakukannya, akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain.

Hobi berbicata ini juga rupanya dapat membantu hampir di seluruh bidang kehidupan yang kita kerjakan.

Yuk kita lihat, apa saja manfaat berbicara di depan umum bagi kehidupan. Siapa tahu dengan mengetahui manfaat ini, Urbanreaders dapat keluar dari zona nyaman dan mulai terbiasa berbicara di depan umum.

1. Kemajuan Karier

1668073763-Kemajuan-karir.JPGSumber: Kemajuan karier. (Freepik/snowing)

Berbicara di depan umum dapat membuat kemajuan pada karier seseorang karena menunjukan keberanian, kemampuan dalam kepemimpinan, ketenangan, dan profesionalisme. 

Sebagai contoh, ketika diharuskan untuk menjadi pembicara di depan umum dengan suatu kredibilitas di sebuah acara, semakin terlihat baik yang berbicara, semakin terkenal acaranya. Ketika acara sukses dan terkenal, maka kemungkinan besar kamu akan dipanggil lagi untuk menjadi pembicara. Lalu kamu dapat memasukan pengalaman berbicara di Curiculum Vitae (CV).

Selain itu, kamu dapat terlihat menonjol di kantor jika sering berbicara dalam rapat untuk mempromosikan ide-ide. Juga, dapat unggul dalam hal wawancara kerja.

2. Menambah Kepercayaan Diri

1668073791-Menambah-kepercayaan-diri.JPGSumber: Menambah Kepercayaan Diri. (Pinterest/ Summit Search)

Kepercayaan diri dapat meningkat ketika kita berani berbicara didepan umum. Awalnya mungkin akan terasa tidak nyaman atau takut. Tapi, jika kita melawan rasa itu, berbicara didepan umum dapat menjadikan pengingat bahwa banyak ide-ide pengetahuan atau pendapat yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain, dan seharusnya dibagikan kepada mereka.

Kepercayaan dirimu akan meninggkat ketika kamu sudah mulai berani berbicara dalam lingkup kecil dan terus berkembang menjadi lingkup besar. Bukan hanya pada acara-acara tertentu, namun dalam kehidupan sehari-hari juga.

3. Berpikir Kritis

1668073814-Berpikir-kreatif.JPGSumber: Ilustrasi Berpikir Kreatif. (Pinterest/WikiFX Malaysia)

Saat diharuskan berpidato di depan umum, kamu harus memilih poin-poin yang akan dibicarakan, agar struktur dalam pidato tidak berbelit-belit. Dibutuhkan pikiran yang cermat dan kritis, mulai dari pembuka, isi, hingga penutup.

4. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Ketika hendak menjadi pembicara, kamu diharuskan untuk memikirkan bagaimana cara agar pesan yang dikatakan tersampaikan kepada pendengar dengan semestinya. Pemikiran tersebut sejatinya dapat membantu meningkatkan ketrampilan komunikasimu. 

5. Membuat Koneksi Sosial Baru

1668073736-Membuat-koneksi-sosial-baru.JPGSumber: Membuat koneksi siosial baru. (Pinterest/ Barrie Davenport)

Keterlibatan berbicara di sebuah tempat umum dapat mempertemukan kalian dengan seseorang yang kemungkinan memiliki minat yang sama. Cobalah untuk berbaur, sekadar bertanya atau menjawab suatu pertanyaan. Dengan itu, kalian bisa berkenalan dan terus terkoneksi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait