Jakarta - Siapa sih yang nggak kenal dengan media sosial zaman sekarang? Meski tak punya akun di semua jenis media sosial, minimal tahulah cara mengakses dan mendapatkan berbagai informasi dari sana.

Berbagai jenis jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, banyak digunakan tak hanya untuk tetap bisa terkoneksi dengan teman kerja, sahabat, klien, hingga mantan pacar. Media sosial juga sering digunakan sebagai sarana berbagi informasi, mulai dari berita, artikel, hingga kehidupan pribadi.

Karena itu, di media sosial, kamu bisa menemukan berbagai tipe orang dengan karakternya masing-masing. Berikut beberapa tipe orang di media sosial yang dirangkum Urbanasia.

1. Sekadar Punya

1606273823-sekadar-punya.jpgSumber: Freepik

Beberapa orang membuat akun di media sosial untuk sekadar memiliki akses terhadap jenis media sosial tersebut. Tapi, sesudah bikin akun, media sosialnya hampir nggak pernah dibuka.

Mereka bahkan sampai nggak sadar kalau ada setumpuk permintaan untuk follow akun, maupun permintaan pertemanan. Tipe orang seperti ini hampir nggak pernah update status maupun mengunggah foto, sehingga page akunnya sepi unggahan.

2. Sarana Kepo

1606273797-kepo.jpgSumber: Freepik

Tipe yang selanjutnya adalah orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana buat kepoin orang yang ditargetkan. Misalnya, mantan pacar, gebetan, pacar baru sang mantan, pesaing, hingga calon karyawan yang hendak direkrut.

Mereka ini biasanya juga cukup aktif menggunakan media sosialnya tapi jarang mengunggah sesuatu. Mereka lebih banyak menggunakan jejaring sosialnya untuk mengetahui lebih dalam kepribadian atau karakter orang yang ingin dikepoin, ketimbang membagikan informasi pribadi.

3. FOMO

1606273791-fomo-(1).jpgSumber: Freepik

Tipe orang ini biasanya sudah kecanduan media sosial dan bakal terus-terusan mengecek media sosialnya karena takut bakal melewatkan sebuah informasi, alias FOMO.

Selain sering mengecek media sosialnya, mereka juga cenderung menghabiskan banyak waktu dalam sehari untuk mengakses informasi-informasi dari sana. Bahkan, kalau nggak membuka media sosial, mereka bakal merasa ada yang kurang dari hidupnya.

4. Pengganti Diary

1606273805-diary.jpgSumber: Freepik

Nah, tipe yang satu ini banyak banget dijumpai kan, guys? Orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana pengganti diary, biasanya akan mengunggah apa saja yang sedang dirasakan, dialami, dan dilakukan.

Seringnya sih mereka bakal mengeluh, mengungkapkan kesedihan, kemarahan, mengumpat, hingga menginformasikan sesuatu yang nggak perlu diketahui semua orang.

5. Berbagi Ilmu

1606273841-berbagi-ilmu.jpgSumber: Freepik

Orang yang gemar berbagi ilmu dan pengetahuan, akan lebih sering menggunakan media sosialnya untuk membagikan link, berita, atau informasi yang dianggapnya perlu untuk diketahui orang lain.

Unggahan-unggahan yang sering dibagikan misalnya berita terkini, gosip, hingga resep masakan. Mereka ini juga biasanya jarang membuat unggahan tentang dirinya sendiri atau kehidupan pribadinya. Namun, kamu bisa menemukan berbagai informasi bermanfaat dari akunnya.

6. Jualan

1606273833-jualan.jpgSumber: Freepik

Orang-orang yang menggunakan media sosialnya sebagai sarana bisnis, biasanya cukup aktif di dunia maya. Mereka memanfaatkan jejaring sosialnya untuk memasarkan produk-produk yang dijualnya.

Unggahannya hampir semua buat kepentingan jualannya dan mereka nggak terlalu selektif dalam memilih pertemanan di media sosial. Makin banyak orang yang terhubung dengannya, makin bermanfaat buatnya.

Namun, kebanyakan dari daftar temannya adalah orang yang sama sekali tak dikenalnya di dunia nyata.

7. Pamer

1606273814-pamer.jpgSumber: Freepik

Jenis orang yang pamer di media sosial bakal menunjukkan hal-hal yang dianggap sebagai kemewahan, kesuksesan, atau menaikkan gengsi.

Orang seperti ini menggunakan media sosial sebagai sarana untuk membangun image bahwa kehidupannya sempurna dan selalu happy. Mereka sangat menikmati pujian dan merasa bangga dengan dirinya sendiri.

Sayangnya, tipe orang seperti ini nggak selalu membuat unggahan yang sesuai dengan kenyataan. Mereka lebih mementingkan bagaimana caranya agar unggahan tersebut banyak mendapatkan perhatian dari teman media sosialnya.

Nah, kalau kamu termasuk yang mana nih, guys?

Komentar
paper plane