menu
user
URguide

8 Kegiatan yang Paling Dirindukan Saat Ramadan, Apa Saja?

Shelly Lisdya,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Kegiatan yang Paling Dirindukan Saat Ramadan, Apa Saja?
Image: Ilustrasi dua anak mengenakan baju koko tengah membaca Al-Quran. (Freepik/odua)

Jakarta - Beberapa hari lagi, umat Muslim akan melaksanakan ibadah Ramadan. Sudah dua kali kita merayakan di masa pandemi COVID-19.

Kira-kira apa sih yang dikangenin Urbanreaders? Meski  harus menahan lapar, haus dan menjaga emosi, namun bulan Ramadan menyimpan banyak memori dan nostalgia  ya guys, apa aja sih? 

Berikut hal-hal yang dikangenin saat Ramadan, apalagi yang dilakukan oleh generasi 90-an:

1. Tarawih

Salat tarawih menjadi ibadah sunnah, kendati demikian, kita pastinya rindu untuk salat berjamaah di Masjid. Apalagi berangkat bersama dengan teman.

2. Petasan

Bukan rahasia lagi jika petasan menjadi ciri khas di bulan Ramadan, meski dilarang oleh pihak berwenang, tetapi kerap kita jumpai banyak anak kecil khususnya yang menyalakan petasan ketika selesai salat tarawih.

3. Mengisi Agenda Puasa

Guys, masih ingat dengan kegiatan satu ini? Kita diberi tugas untuk mengisi agenda puasa dengan tadarus keliling hingga tarawih. Nah, jika selesai kita akan disuruh mencari tanda tangan ustad loh.

1617885677-Ramadan.jpgSumber: ilustrasi kegiatan Ramadan. (Pinterest/loperonline.com)

4. Pondok Ramadan

Memakai busana muslim di sekolah selama satu bulan penuh, ditambah dengan kegiatan pondok Ramadan. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, seperti buka bersama, pengkajian, salat tarawih berjamaah, tadarus Al-Quran dan pendalamannya dan lain sebagainya.

5. Ngabuburit

Nah, sembari menunggu azan magrib, biasanya kita mencari kegiatan dengan ngabuburit kan? Mulai dari jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner hingga menghabiskan waktu di taman.

1617857986-rajin-ibadah-mucahityildiz.jpgSumber: Ilustrasi membaca alquran (Pixabay/mucahityildiz)

6. Bukber

Wacana buka bersama (bukber) selalu terjadi di beberapa grup bukan? Namun, kegiatan satu ini yang oaling dirindukan ketika Ramadan. Kita bisa menghabiskan waktu dengan bukber bersama teman lama.

7. Bangunin Orang Sahur

Pastinya ada banyak momen yang paling seru ketika membangunkan orang sahur, mulai dari dimarahi warga sekitar hingga cara membangunkan dengan cara yang unik, misalnya dengan menggunakan alat musik jadul hingga di masjid.

8. Susah Bangun Sahur

Siapa nih yang suka begini? Selalu susah dibangunkan ketika sahur, tapi marah ketika melewati batas sahur atau disebut imsa'? Wah jangan sampai ya kita kelewatan sahur, bisa-bisa kita nggak kuat menjalankan ibadah puasa selama seharian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait